Formula 1

Jadwal F1 GP Arab Saudi Hari Ini: Misi Hamilton Gagalkan Verstappen Segel Gelar Juara Dunia

Minggu, 5 Desember 2021 09:40 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Mark Sutton - Pool/Getty Images
Berikut jadwal F1 GP Arab Saudi, Senin (06/12/21) dini hari, yang  jadi kesempatan Lewis Hamilton menggagalkan upaya Max Verstappen kunci  gelar juara dunia. Copyright: © Mark Sutton - Pool/Getty Images
Berikut jadwal F1 GP Arab Saudi, Senin (06/12/21) dini hari, yang jadi kesempatan Lewis Hamilton menggagalkan upaya Max Verstappen kunci gelar juara dunia.

INDOSPORT.COM – Berikut jadwal F1 GP Arab Saudi, Senin (06/12/21) dini hari, yang  jadi kesempatan Lewis Hamilton menggagalkan upaya Max Verstappen kunci  gelar juara dunia.

Formula 1 (F1) 2021 kini memasuki seri ke-21 alias seri kedua sebelum terakhir. Balapan kali ini digelar di Arab Saudi, Senin (06/12/21) pukul 00.30 WIB.

Balapan yang akan digelar di Sirkuit Jeddah Corniche ini sendiri akan menjadi balapan debut alias balapan perdana di negara tersebut.

Jelang seri ke-21 ini, sorotan tertuju kepada persaingan antara Max Verstappen (Red Bull) dengan Lewis Hamilton (Mercedes). Seperti diketahui, keduanya bersaing ketat memperebutkan gelar juara dunia.

Max Verstappen masih memuncaki klasemen pembalap dengan 351,5 poin. Sementara itu, Lewis Hamilton berada di posisi kedua dengan 343,5 poin alias hanya tertinggal 8 poin.

Dengan hanya 2 seri tersisa, kedua pembalap tersebut sama-sama masih berpeluang merebut gelar juara dunia. Namun, berkat keunggulannya, Verstappen berpotensi mengunci gelar tersebut di F1 GP Arab Saudi hari ini.

Syaratnya, dalam balapan hari ini Verstappen harus bisa mengumpulkan setidaknya 18 poin lebih banyak dari Hamilton, agar tak bisa terkejar lagi oleh rivalnya itu.

Kedua pembalap itu pun bergantian menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas. Hamilton jadi yang tercepat di FP1 dan FP2, dan Verstappen jadi penguasa di FP3.

Lewis Hamilton akhirnya berhasil merebut pole position untuk balapan di F1 GP Arab Saudi. Dalam sesi kualifikasi yang digelar pada Minggu (05/12/21) dini hari, pembalap asal Inggris itu berhasil tampil sebagai yang tercepat dan dengan demikian bakal start terdepan saat balapan.

Max Verstappen yang sempat mengalami crash harus puas start dari posisi ketiga, di belakang rekan setim Hamilton di Mercedes, Valtteri Bottas, yang merebut tempat kedua.

Dengan situasi ini, Hamilton pun berpeluang  besar menggagalkan upaya Verstappen untuk menyegel gelar juara Formula 1 di F1 GP Arab Saudi dini hari nanti, sekaligus membawa persaingan mereka ke seri terakhir di F1 GP Abu Dhabi pekan depan.