Formula 1

5 Juara Dunia Termuda Sepanjang Sejarah F1, Max Verstappen Nomor Berapa?

Senin, 13 Desember 2021 10:52 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Clive Mason - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Max Verstappen berhasil mengakhiri kedigdayaan Lewis Hamilton sebagai juara dunia Formula 1 (F1) 2021. Copyright: © Clive Mason - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Max Verstappen berhasil mengakhiri kedigdayaan Lewis Hamilton sebagai juara dunia Formula 1 (F1) 2021.

INDOSPORT.COM - Max Verstappen berhasil mengakhiri kedigdayaan Lewis Hamilton sebagai juara dunia Formula 1 (F1) 2021.

Gelar ini resmi ia kunci setelah memenangkan seri terakhir di Abu Dhabi, Minggu (12/12/21). Pentonton pun dibuat terpana dengan balapan menegangkan dan penuh kejutan yang terjadi di Yas Marina kemarin.

Sang juara bertahan, Lewis Hamilton, digadang-gadang bakal mempertahankan status juara dunia yang kini dikantonginya, sekaligus mencetak rekor sebagai peraih gelar terbanyak sepanjang sejarah Formula 1 (F1).

Namun sayang, prediksi tersebut tidak terwujud setelah Nicolas Latifi (Williams) menabrak pembatas beberapa lap jelang berakhirnya balapan.

Hal ini pun menyebabkan yellow flag berkibar dan membawa keberuntungan bagi Max Verstappen yang berhasil menyalip Lewis Hamilton secara dramatis jelang berakhirnya balapan.

Dua pembalap ini pun saling sikut-menyikut dan membuat siapa saja yang menonton persaingan mereka merasa tegang. Namun akhirnya, Max Verstappen berhasil meraih garis finis terlebih dulu dan dinyatakan sebagai pemenang.

Meski begitu, hasil F1 GP Abu Dhabi ini sempat menuai protes dari kubu Mercedes soal Max Verstappen yang menyalip Lewis Hamilton di bawah kawalan safety car. Pembalap Red Bull itu juga sudah memakai ban baru.

Namun protes tersebut tidak digubris dan Max Verstappen tetap sah sebagai pemenang balapan di Yas Marina dan juga juara dunia.

Sebagai informasi, Max Verstappen berhasil meraih gelar juara dunia F1 ketika usianya kini masih 24 tahun. Tidak ayal, namanya pun masuk daftar kampiun termuda sepanjang sejarah balapan jet darat ini.