Formula 1

DPRD Minta Komite Pelaksana Formula E Tak Pakai APBD DKI Jakarta

Sabtu, 1 Januari 2022 06:48 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Lev Radin/Pacific Press/LightRocket via Getty Images/Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kejuaraan dunia balap mobil listrik Formula E yang akan digelar di Ibukota diharapkan untu tak menggunakan APBD DKI Jakarta. Copyright: © Lev Radin/Pacific Press/LightRocket via Getty Images/Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kejuaraan dunia balap mobil listrik Formula E yang akan digelar di Ibukota diharapkan untu tak menggunakan APBD DKI Jakarta.

INDOSPORT.COM – Kejuaraan dunia balap mobil listrik Formula E yang akan digelar di Ibukota diharapkan untu tak menggunakan Anggaran Penerimaan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta.

Permintaan ini dilayangkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta meminta komite pelaksana (organizing committee) Formula E tidak menggunakan APBD untuk kejuaraan proyek Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Ancol dengan skema pembiayaan apa pun.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pandapotan Sinaga selaku Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta, “Yang penting jangan pakan APBD” tukasnya, dilansir dari Antara.

Pandapotan Sinaga turut mengungkapkan bahwa pihaknya masih akan terus memantau gelaran Formula E supaya tak menggunakan dana APBD Ibukota.

Sebab, DKI Jakarta hingga saat ini masih dalam masa pemulihan pasca pandemi Covid-19 yang sempat kasusnya meninggi.

Pendapat yang diungkapkan Pandapotan Sinaga juga diamini oleh Sutikno selaku Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, yang menyatakan bahwa sejatinya fraksi partainya di DPRD DKI Jakarta mendukung lokasi perhelatan Formula E terselenggara di DKI Jakarta jika tidak menggunakan APBD.

"Yang penting tidak pakai APBD saja. Saya selaku fraksi PKB mendukung. Yang penting tidak pakai APBD DKI Jakarta. Seperti yang disampaikan Jakpro bahwa pakai dana sponsor," kata Sutikno.

Selain itu, sejumlah anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta melakukan kunjungan kerja ke kawasan Taman Impian Jaya Ancol dalam rangka meninjau JIEC Ancol yang menjadi lokasi balapan Formula E.