MotoGP

Pendekatan Pragmatis KTM, Hentikan Pengembangan Motor Baru untuk Musim 2022

Senin, 7 Februari 2022 08:39 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jelang dimulainya MotoGP 2022, KTM mengambil langkah dengan memilih melanjutkan pengembangkan motor RC16 dengan spesifikasi yang digunakan saat ini. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jelang dimulainya MotoGP 2022, KTM mengambil langkah dengan memilih melanjutkan pengembangkan motor RC16 dengan spesifikasi yang digunakan saat ini.

INDOSPORT.COM – Jelang dimulainya MotoGP 2022,mengambil langkah dengan memilih melanjutkan pengembangkan motor RC16 dengan spesifikasi yang digunakan saat ini.

Pabrikan asal Austria, KTM mengambil langkah yang berbeda dengan apa yang dilakukan tim lain jelang MotoGP musim 2022.

Kali ini, mereka menghentikan pengembangan motor untuk musim 2022 dan mencoba menyempurnakan motor RC 16 yang sudah dipakai.

Hal ini sempat diungkapkan oleh pembalap KTM, Miguel Oliveira, di sela-sela jelang uji coba di sirkuit Sepang, Malaysia.

Padahal, ada banyak tim yang mencoba suku cadang baru, namun KTM memilih menggunakan pendekatan yang jauh lebih pragmatis untuk musim ini.

“Secara teknis, motor memang memiliki banyak perubahan atau layak juga disebut evolusi. Tetapi, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, salah satunya adalah mengenai set-up,” ujar Oliveira.

“Kami percaya ada banyak ruang untuk menemukan kecepatan dan konsistensi dalam balapan saat ini. Dengan melakukan perubahan kecil bisa menghasilkan hal yang lebih baik,” imbuh pembalap asal Portugal ini.

Lebih lanjut, dilansir dari Crash, Miguel Oliveira menjelaskan dengan gamblang soal alasan mengapa KTM lebih memilih untuk menyempurnakan motor RC16 yang ada daripada melanjutkan pengembangan tunggangan baru.

Menurutnya, proyek mengenai motor baru terhenti sekitar bulan Juni 2021 dan filosofi dari motor yang dibangun belum sesuai keinginan.