MotoGP

Profil Sirkuit Mandalika, Tuan Rumah Kedua MotoGP di Indonesia

Jumat, 11 Februari 2022 11:28 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© ITDC/MGPA
Berikut profil Sirkuit Mandalika, tuan rumah tes pramusim dan gelaran seri kedua MotoGP 2022 pada Maret nanti, 25 tahun setelah Indonesia terakhir kali gelar MotoGP di Sirkuit Sentul pada 1997. Copyright: © ITDC/MGPA
Berikut profil Sirkuit Mandalika, tuan rumah tes pramusim dan gelaran seri kedua MotoGP 2022 pada Maret nanti, 25 tahun setelah Indonesia terakhir kali gelar MotoGP di Sirkuit Sentul pada 1997.

INDOSPORT.COM – Berikut profil Sirkuit Mandalika, tuan rumah tes pramusim dan gelaran seri kedua MotoGP 2022 pada Maret nanti, 25 tahun setelah Indonesia terakhir kali gelar MotoGP di Sirkuit Sentul pada 1997.

Akhir pekan ini, sorotan dunia otomotif tertuju kepada Indonesia, tepatnya Sirkuit Mandalika. Pasalnya, sirkuit yang berlokasi di Lombok Tengah di Provinsi Nusa Tenggara Barat itu akan menggelar tes pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari 2022.

Mandalika memang sudah menjadi tuan rumah seri terakhir World Superbike (WSBK) tahun lalu. Namun, baru tahun ini lokasi tersebut akan menjadi tuan rumah MotoGP.

Nantinya, selain tes pramusim, Mandalika akan menggelar seri kedua MotoGP 2022 pada 20 Maret, atau 2 pekan setelah seri pertama di Sirkuit Losail, Qatar.

Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pun mengakhiri penantian 25 tahun publik Indonesia. Seperti diketahui, terakhir kali ajang balap motor tersebut digelar di tanah air adalah pada 1997.

Ketika itu, balapan digelar di Sirkuit Sentul, setelah sebelumnya tempat yang sama juga menggelar MotoGP pada 1996. Dalam balapan terakhir tahun 1997, kelas 500cc dimenangi oleh  Tadayuki Okada, sementara kelas 250cc dan 125cc dimenangi Max Biaggi dan Valentino Rossi.

Gelaran tes pramusim di Mandalika sendiri merupakan yang kedua musim ini. Sebelumnya, para rider juga telah menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, akhir pekan lalu.

Meski demikian, berbeda dengan tes di Sepang yang hanya digelar 2 hari, tes pramusim di Mandalika akan digelar selama 3 hari pada Jumat – Minggu, 11-13 Februari 2022. Di setiap harinya, tes akan dilakukan dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, dilanjutkan sesi latihan start selama 15 menit.

Seluruh 24 pembalap dari 12 tim MotoGP seperti Marc Marquez dan Pol Espargaro (Repsol Honda), Fabio Quartararo (Yamaha), Maverick Vinales dan Aleix Espargaro (Aprilia), hingga duo Suzuki yakni Joan Mir dan Alex Rins dan pun telah tiba di Lombok sejak awal pekan ini.

Sebagai tes pramusim terakhir, tes di Mandalika ini akan sangat penting karena menjadi kesempatan akhir tim dan pembalap untuk menemukan pengaturan terbaik motor mereka untuk menghadapi musim ini.

Lantas, seperti apa profil dari Sirkuit Mandalika yang akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP akhir pekan ini dan tuan rumah seri kedua pada Maret nanti? Berikut ulasannya: