MotoGP

Sirkuit Mandalika 'Dikulitin' Media Asing: Aspal Ulang dengan Bahan yang Benar

Selasa, 15 Februari 2022 05:18 WIB
Editor: Juni Adi
© ITDC/MGPA
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Copyright: © ITDC/MGPA
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

INDOSPORT.COM - Media asing, The-Race, membahas masalah aspal Sirkuit Mandalika yang menurut mereka perlu dilapisi ulang dengan material yang benar.

Rangkaian tes pramusim MotoGP sebelum menyambut musim 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/02/22) telah resmi berakhir.

Sirkuit yang baru dibangun itu mendapat banyak sorotan dari berbagai pihak, baik yang melontarkan pujian karena keindahannya ataupun kritikan karena terdapat sejumlah masalah di treknya. 

Beberapa kritikan datang dari para pembalap MotoGP yang melakukan tes selama tiga hari beruntun. Sirkuit sepanjang 4,3 kilometer itu dinilai sangat kotor.

"Tidak mungkin menggelar balapan dalam waktu dekat di sini," kata pembalap Aprilia, Aleix Espargaro.

"Karena dua alasan. Yang pertama tidak bisa menyalip, hanya ada satu lintasan dan selebihnya seperti air (red; licin).

Senada dengan Aleix Espargaro, juara dunia MotoGP 2021 dari pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo juga ikut menyampaikan keluh kesahnya terhadap aspal Sirkuit Mandalika.

"Saya berada di belakang Franco Morbidelli (rekan setimnya), saya menerima lemparan gravel di leher dan helm saya," kata Fabio Quartararo.

Lebih lanjut, pembalap asal Prancis itu meminta pihak yang terkait untuk mengaspal ulang di area tikungan 1 hingga 7.

"Di sana permukaan aspal mengelupas. Tapi untuk balapan, mereka harus mengaspal ulang tikungan 1, karena di sana rusak total," ujarnya.