MotoGP

Kabar Baik! Pengaspalan Ulang Tak Sampai 20%, Perbaikan Mandalika Rampung Awal Maret

Kamis, 17 Februari 2022 15:08 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor:
© ITDC/MGPA
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat Copyright: © ITDC/MGPA
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat

INDOSPORT.COM - Pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika ternyata tak sampai 20 persen dari area sehingga rencananya akan rampung pada awal Maret 2022. 

Tes kedua pramusim MotoGP 2022 sudah berlangsung  di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari 2022. Beberapa kendala ditemukan pada agenda tes tersebut. 

Di hari pertama, tes pramusim MotoGP 2022 sempat dihentikan karena trek berlumpur akibat guyuran hujan. Sejumlah pembalap juga mengeluhkan dan megkritik kondisi aspal Sirkuit Mandalika yang belum siap digunakan. 

Sejauh ini, permasalahan yang ditemukan di Sirkuit Mandalika antara lain adalah standard keamanan, termasuk area runoff, gravel yang sangat lebar, kondisi trek kotor, berdebu, hingga banyaknya batu kecil di lintasan balap. 

Pihak FIM, ITDC dan Dorna Sports pun mengambil langkah sebagai solusi yakni mengaspal ulang sirkuit Mandalika sebelum gelaran MotoGP Indonesia 2022.

Hal pertama yang dilakukan adalah pengelupasan lapis aspal teratas, kemudian langsung dibersihkan dan dilakukan pengaspalan ulang. 

"Pertama, kami akan melakukan pengelupasa lapis aspal teratas dan langsung kami bersihkan untuk dilakukan pengaspalan ulang, itu terjadi di beberapa tempat, bukan di seluruh lintasa," ujar Direktur Utama PT PP Novel Arsyad dalam jumpa pers virtual, Rabu (16/02/22), seperti dikutip dari Antara.