Formula 1

Wagub DKI Bela Keputusan Panitia Gunakan Bambu dalam Pembangunan Sirkuit Formula E

Selasa, 1 Maret 2022 16:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Lev Radin/Pacific Press/LightRocket via Getty Images/Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta. Copyright: © Lev Radin/Pacific Press/LightRocket via Getty Images/Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta.

INDOSPORT.COM - Ahmad Riza Patria selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta menjelaskan alasan keputusan panitia menggunakan bambu dalam pembangunan Sirkuit Formula E di Ancol.

Indonesia sendiri akan menjadi tuan rumah bagi kejuaraan dunia balap mobil Formula E, yang berlangsung di Kawasan Ancol, DKI Jakarta yang digelar rencananya pada Juni mendatang.

Namun di tengah proses pembangunan sirkuit yang terus dikebut. Publik dikejutkan dengan kabar adanya penggunaan bambu yang digunakan sebagai lapisan bawah pembangunan lintasan balap Formula E di Ancol.

Setelah mendapatkan kritik dari DPRD DKI Jakarta karena mepetnya waktu dan lebih baik ditunda ketimbang berpotensi kurang berkualitas, Ahmad Riza Patria selaku Wagub DKI Jakarta pun buka suara.

Ahmad Riza Patria menyatakan panitia Jakarta E-Prix atau Formula E Jakarta harus mengupayakan pengerjaan sirkuit Formula E di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, secara efektif dan efisien.

"Pengerjaan pondasi Formula E sudah sesuai dengan ketentuan. Secara teknis di lokasi pengerjaannya perlu ada penguatan menggunakan bambu. Jadi penggunaan cerucuk bambu itu sudah melalui perhitungan teknis di lapangan," kata Riza Patria, dilansir dari Antara.

Menurut Riza, jangan beranggapan semua pondasi jalan harus dari beton supaya kuat.

"Ada juga yang perlu menggunakan bambu supaya kuat," tambah Wagub DKI Jakarta soal pembangunan Sirkuit Formula E.