MotoGP

Demi Keamanan! Race Director Turunkan Jumlah Lap Kelas MotoGP Jadi 20 Putaran

Minggu, 20 Maret 2022 13:57 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo MotoGP. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo MotoGP.

INDOSPORT.COM – Kabar terbaru dari gelaran MotoGP Indonesia 2022 telah terkonfirmasi jumlah putaran balapan MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika telah diubah.

Dalam rilisnya, pengurangan jumlah lap di Mandalika dikarenakan kondisi aspal Sirkuit Mandalika yang terlalu panas, Minggu (20/03/22) siang.

Kebijakan yang sama juga diberlakukan untuk kelas Moto2 yang masih berlangsung saat berita ini dibuat. Di kelas ini, jumlah putaran dipotong dari 25 menjadi 16.

Di media sosial beredar spekulasi bahwa masalah sebenarnya adalah daya tahan ban yang tidak mampu menahan panas permukaan trek Mandalika dalam jarak tempuh yang direncanakan semula.

Sebagai gambaran, dalam gelaran MotoGP kali ini, kelas Moto2 dan kelas Utama menggunakan dua merek ban yang berbeda, ban Michelin untuk Moto2 sedangkan MotoGP menggunakan ban Dunlop.

Kabar ini telah dikonfirmasi oleh pihak FIM yang diwakili Franco Uncini, dia mengatakan kondisi aspal Sirkuit Mandalika terlalu panas jelang balapan Moto2 dan MotoGP Mandalika.

"Kami memutuskan untuk mengurangi jumlah lap demi keselamatan pembalap karena suhu aspal yang terlalu tinggi," ucap Uncini sebelum balapan Moto2 Mandalika 2022.

Balapan Moto2 Mandalika berkurang dari 25 menjadi 16 lap, sedangkan MotoGP Mandalika akan berkurang menjadi 20 lap dari jadwal semula 27 lap.

Suhu aspal Sirkuit Mandalika mencapai lebih dari 45 derajat celsius. Menariknya setelah balapan Moto2 dimulai, hujan rintik-rintik kemudian turun di wilayah Sirkuit Mandalika.

MotoGP Mandalika hari ini menggelar empat balapan, yakni kelas MotoGP, Moto2, Moto3, dan Asia Talent Cup (ATC).