MotoGP

Homologasi Rampung Jelang MotoGP Indonesia, FIM Beri Mandalika Peringkat Tertinggi

Minggu, 20 Maret 2022 00:39 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Humas MotoGP Mandalika
Jelang MotoGP Indonesia, Federasi Motor Dunia (FIM) telah memberikan penilaian terbaru soal kelayakan sirkuit Mandalika setelah selesai perbaikan awal bulan ini. (Foto: Humas MotoGP Mandalika) Copyright: © Humas MotoGP Mandalika
Jelang MotoGP Indonesia, Federasi Motor Dunia (FIM) telah memberikan penilaian terbaru soal kelayakan sirkuit Mandalika setelah selesai perbaikan awal bulan ini. (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

INDOSPORT.COM – Jelang MotoGP Indonesia, Federasi Motor Dunia (FIM) telah memberikan penilaian terbaru soal kelayakan sirkuit Mandalika setelah selesai perbaikan awal bulan ini.

Pada penilaian terbaru, FIM menilai Sirkuit Mandalika termasuk dalam homologasi Grade A yang merupakan peringkat tertinggi dalam penilaian yang dilakukan FIM.

Sebelumnya pada Kami lalu (17/03/22) Federasi Motor Dunia, Dona Sports dan IRTA telah melakukan track inspection sebelum akhirnya merilis nilai kelayaan Mandalika.

Pencapaian ini tentu merupakan buah hasil perbaikan yang dilakukan setelah pada sesi tes pramusim MotoGP Mandalika Februari lalu banyak pembalap yang mengeluhkan lintasan yang kotor dan berdebu.

Bahkan ada aspal di sejumlah titik lintasan yang terkelupas, para pembalap juga mengeluhkan adanya kerikil dan batu kecil yang terlontar saat sesi pramusim lalu.

“Grade A merupakan tataran tertinggi yang dimiliki FIM dan juga berarti, sirkuit Mandalika sangat layak untuk mengelar event MotoGP,” ungkap Abdulbar Mansoer, Direktur Utama ITDC.

“Hasil tidak akan mengkhianati usaha, alhamdulillah Sirkuit Mandalika berhasil meraih Grade A, setelah proses homologasi oleh FIM. Terimaksih atas kerja keras dan dedikasih keluarga besar ITDC Group dan MGPA, serta PT PP Tbk selaku kontraktor utama pengaspalan sirkuit dan MRK1 UK/RMI sebagai race consultant dan circuit management,” sambungnya.

Menilik dari hasil tes pramusim, Dorna Sports dan FIM merekomendasikan perbaikan, yaitu kebersihan permukaan trek dan pengaspalan di beberapa titik sirkuit.

Rekomendasi pengaspalan ulang tersebar di sebagian lintasan sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5, atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan.

Menurutnya, keberhasilan lolos homologasi Grade A tersebut tidak lepas dari sejumlah peningkatan fasilitas sirkuit yang telah dilakukan oleh ITDC bersama MGPA, guna memenuhi prasyarat penilaian homologasi sesuai panduan FIM.