MotoGP

Menang di MotoGP Mandalika, Miguel Oliveira Tunaikan Janji untuk Putrinya

Minggu, 20 Maret 2022 19:57 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/Willy Kurniawan
Miguel Oliveira menunaikan janji kepada putrinya usai menang di MotoGP Mandalika. Foto: Reuters/Willy Kurniawan. Copyright: © Reuters/Willy Kurniawan
Miguel Oliveira menunaikan janji kepada putrinya usai menang di MotoGP Mandalika. Foto: Reuters/Willy Kurniawan.

INDOSPORT.COM - Miguel Oliveira menunaikan janji kepada putrinya usai secara mengejutkan mampu memenangi seri balapan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu (20/03/22).

Pembalap asal Portugal itu memulai balapan dari posisi ketujuh dan akhirnya memenangi balapan setelah memimpin pada lap kelima seri balapan perdana MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika.

Balapan sempat ditunda selama lebih dari satu jam karena hujan lebat disertai petir.

Ditambah pula, ada masalah pada aspal sirkuit yang sangat licin, menyebabkan balapan mau tak mau dipersingkat, dari 27 putaran menjadi 20 putaran.

Fabio Quartararo memulai balapan dengan baik dan melaju kencang mempertahankan posisi pertama. Meskipun begitu, kondisi ini tak bertahan lama, karena pembalap Ducati, Jack Miller, lalu mengambil alih posisi Quartararo di putaran ketiga.

Pada lap kelima, barulah Miguel Oliveira berbalik memimpin setelah menyalip Jack Miller.

Ia lalu mempertahankan posisinya dan semakin menjauh dari kejaran Miller, yang berada di belakangnya dengan jarak 2,26 detik. Situasi ini bertahan hingga garis finis.

Kemenangan ini tentu menjadi berkah luar biasa bagi Oliveira yang tengah mengalami masa-masa ‘paceklik’ dalam kariernya.

Sejak podium terakhirnya di Jerman pada Juli 2021, ia hanya mampu mengumpulkan 21 poin dalam 11 balapan sebelumnya – empat poin lebih sedikit dari yang dia cetak dengan kemenangannya di Indonesia.

Dilansir dari Autosport, Miguel Oliveira mengaku bahwa kariernya beberapa bulan ke belakang telah mandeg dan membuatnya sempat putus asa. Kemenangan di MotoGP Mandalika pun jadi sebuah berkah untuknya, dan juga keluarganya.