In-depth

Sosok Miguel Oliveira, Pembalap MotoGP Pertama yang Menang di Indonesia Setelah 25 Tahun

Senin, 21 Maret 2022 10:35 WIB
Editor: Juni Adi
© Reuters/Willy Kurniawan
Pemenang balapan, Miguel Oliveira dari Red Bull naik podium tempat kedua, Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP dan tempat ketiga, Johann Zarco dari Pramac Racing di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan Copyright: © Reuters/Willy Kurniawan
Pemenang balapan, Miguel Oliveira dari Red Bull naik podium tempat kedua, Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP dan tempat ketiga, Johann Zarco dari Pramac Racing di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM - Inilah profil singkat pembalap MotoGP yang juara GP Indonesia, Miguel Oliveira di Sirkuit Mandalika.

Gelaran balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP 2022 baru saja rampung menggelar seri kedua di GP Indonesia, pada Minggu (20/03/22) kemarin.

Tertempat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, MotoGP Indonesia sukses digelar meski dihadapkan sejumlah masalah.

Salah satunya cuaca yang sempat tidak bersahabat. Akibatnya, balapan harus ditunda beberapa saat. Setelah reda dengan kondisi lintasan basah, para pembalap siap untuk melahap 22 putaran.

Pembalap dari tim MotoGP KTM, Miguel Oliveira, keluar sebagai pemenang. Ia berada dalam posisi teratas, diikuti oleh pembalap Yamaha, Fabio Quartaro (2) dan pembalap Johan Zarco (3).

Miguel Oliveira sendiri tak menyangka bisa menyelesaikan balapan di urutan pertama. Padahal ia memulai dari barisan belakang.

Perlahan tapi pasti, Miguel mulai merangsek ke depan diikuti pembalap Ducati, Jack Miller di lap kedua.

Miguel Oliveira mendapat perlawanan sengit dari Miller, Zarco dan Quartararo untuk merebut posisi pertama.

Miguel Oliveira merestorasi posisinya setelah menyalip Miller seusai lap kelima sedangkan Quartararo terlempar dari zona podium setelah disalip Alex Rins dan Johann Zarco.

Mencetak lap terbaik menuju tiga putaran terakhir, Quartararo berupaya memangkas jarak tiga detik dari Miguel Oliveira.

Namun sang pebalap KTM tak menemui kendala berarti untuk menjadi yang pertama melintasi garis finis di Sirkuit Mandalika, Lombok. Seperti apa profilnya?