Diapit Pembalap Malaysia, Andi Gilang Tetap Juara di Race 1 SS600 ARRC Thailand

Sabtu, 26 Maret 2022 21:25 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Astra Honda Racing Team
Rider Astra Honda Racing Team, Andi Gilang, kelaur sebagai juara meski posisi dalam race diapit oleh beberapa pembalap asal Malaysia pada Sabtu (26/03/22). Copyright: © Astra Honda Racing Team
Rider Astra Honda Racing Team, Andi Gilang, kelaur sebagai juara meski posisi dalam race diapit oleh beberapa pembalap asal Malaysia pada Sabtu (26/03/22).

INDOSPORT.COM - Rider Astra Honda Racing Team, Andi Gilang kelaur sebagai juara meski posisi dalam race diapit oleh beberapa pembalap asal Malaysia pada Sabtu (26/03/22).

Pembalap yang bernama lengkap Andi Farid Izdihar ini berhasil menunjukkan ketangguhanya dalam Race 1 kelas Supersport SS600 Asia Road Racing Championship (ARRC) Thailand 2022.

Sekadar informasi, balapan kali ini masih digelar di Sirkuit Chang, Buriram, Andi Gilang sendiri berhasil jadi yang terbaik di sesi kualifikasi sehingga dia memulai start dari pole position.

Andi Gilang yang memiliki keuntungan berhasil tampil solid hingga tikungan terakhir hingga dia dapat mempertahankan posisinya hingga garis finis.

Pada lap ketiga, pembalap jebolan kelas Moto3 itu mulai mendapatkan perlawanan dari Md. Helmi Azman yang membalap untuk Boon Siew Honda Racing Team.

Lanjut lap kelima, Helmi Azman sempat menyalip Andi Gilang setelah melakukan manuver di Tikungan terakhir, pembalap asal Negeri Jiran ini berhasil menyulitkan Andi Gilang.

Namun, Andi Gilang berhasil memberikan respon cepat, pembalap berusia 24 tahun ini dengan piawai kembali ke posisi pertama di trek lurus sebelum Tikungan Pertama.

Aksi saling kejar-kejaran antar kedua pembalap jadi hiburan tersendiri pada race pertama ini. Andi Gilang dan Helmi Azman saling bergantian menduduki posisi pertama.

Hingga akhirnya, di tiga lap terakhir, Andi Gilang melakukan kesalahan kecil sehingga posisi melorot ke posisi dua usai disalip Helmi Azman.

Tertinggal dari rider Malaysia membuat Andi Gilang kesetanan, dia mencoba memangkas jarak dengan Helmi Azman yang memimpin hingga lap-lap terakhir.

Hasil mulai terlihat saat lap pemungkas di mana Andi Gilang berhasil merebut posisi terdepan untuk mengamankan status sebagai pemenang.

Di tikungan 12 Sirkuit Chang sempat terjadi insiden setelah manuver terakhir Andi Gilang gagal diantisipasi Nakarin Atiratphuvapat yang akhirnya harus tergelincir di lap terakhir.

Keberhasilan Andi Gilang mengatasi pembalap asal Thailand ini sekaligus membuat Andi Gilang jadi yang pertama melintasi garis finis. Andi Gilang diikuti Helmi Azman di podium kedua dan Md Ibrahim Md Norrodin di podium ketiga.