Formula 1

F1 Resmi Gelar Balapan di Las Vegas Musim Depan, 2 Seri Ini Terancam Jadi Korban

Kamis, 31 Maret 2022 18:45 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Formula 1.com
Dua seri balapan Formula 1 terancam menjadi korban usai F1 resmi menggelar balapan di GP Las Vegas, Amerika Serikat pada tahun 2023 mendatang. Copyright: © Formula 1.com
Dua seri balapan Formula 1 terancam menjadi korban usai F1 resmi menggelar balapan di GP Las Vegas, Amerika Serikat pada tahun 2023 mendatang.

INDOSPORT.COM – Dua seri balapan Formula 1 terancam menjadi korban usai F1 resmi menggelar balapan di GP Las Vegas, Amerika Serikat pada 2023 mendatang.

Setelah lama dinantikan, pihak Formula 1 akhirnya mengumumkan bahwa Grand Prix Las Vegas akan menjadi salah satu tuan rumah di kalender F1 2023.

Ini akan menjadi balapan pertama kejuaraan jet darat menggelar seri di Las Vegas, yang terakhir digelar pada musim 1985 silam.

Balapan yang akan digelar di sirkuit jalan raya pada malam hari tersebut juga menjadi seri ketiga untuk GP yang digelar di Amerika Serikat.

Sebelumnya, sudah ada Grand Prix Miami dan Amerika Serikat yang lebih dulu mendaftarkan namanya untuk masuk ke dalam kalender balap Formula 1.

Sirkuit yang akan digunakan rencananya memiliki panjang 6,1 kilometer itu akan memiliki 14 tikungan dan sektor lurus yang sangat panjang.

Hal ini pun memungkinkan para pembalap bisa menggeber jet daratnya dengan kecepatan 338 km per jam, dengan rencana jarak tempuh balapan sepanjang 50 lap.

“Ini adalah momen luar biasa untuk Formula 1 yang menunjukkan daya tarik besar dan pertumbuhan olahraga kami dengan adanya seri balapan ketiga di Amerika,” kata Stefano Domenicali selaku CEO F1.

“Las Vegas adalah tempat yang dikenal di seluruh dunia karena suasananya. Tidak ada tempat yang lebih baik untuk balapan F1 selain di ibu kota hiburan global dunia dan kami tidak sabar,” jelasnya.

Namun kehadiran F1 GP Las Vegas pada musim depan ternyata menjadi bencana bagi negara lain. Sebab, dilaporkan bakal ada dua seri balapan yang akan dihapus dari kalender Formula 1.