MotoGP

Akibat Keterlambatan Logistik dari Mandalika, Jadwal Race MotoGP Argentina Ditunda

Jumat, 1 April 2022 13:19 WIB
Penulis: Dyah Fitri Hapsari | Editor: Isman Fadil
© Reuters/Willy Kurniawan
Para pembalap MotoGP mulai star usai turun hujan lebat di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan Copyright: © Reuters/Willy Kurniawan
Para pembalap MotoGP mulai star usai turun hujan lebat di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM - MotoGP Argentina 2022 ditunda sampai pada esok hari, Sabtu (02/04/22), karena efek keterlambatan logistik beberapa tim.

Menurut CEO Dorna Camelo Ezpeleta, keterlambatan ini disebabkan karena pengiriman logistik dari Mandalika mengalami kendala salah satunya karena perang Ukraina vs Rusia.

Akibatnya, seluruh sesi latihan yang seharusnya dilaksanakan hari ini, Jumat (1/4) di Sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina dibatalkan.

Keputusan ini diambil karena belum semua kargo atau logistik milik tim yang bertanding di Moto3, Moto2, dan MotoGP tiba di Argentina.

Sebetulnya, jarak waktu pelaksanaan race Mandalika dan Argentina dianggap lebih dari cukup untuk mempersiapkan semua logistik tim MotoGP.

Namun, adanya perang antara Ukraina vs Rusia membuat waktu pengiriman barang dari Mandalika ke Argentina terhambat.

Melansir dari laman resmi MotoGP, Dorna menyatakan bahwa mereka kehilangan 20% ketersediaan pesawat kargo yang berasal dari Rusia karena adanya hukuman sehubungan invasinya ke Ukraina.

Selama 30 tahun, baru kali ini terjadi keterlambatan pengiriman logistik tim sehingga jadwal race harus ditunda.

Dorna menyatakan sebetulnya persiapan mengenai pesawat kargo sudah dipersiapkan secara matang untuk mengangkut semua logistik dari Mandalika ke Argentina.

Namun, masalah dimulai ketika salah satu pesawat kargo yang disewa mengalami kerusakan.