MotoGP

Detik-detik Kecelakaan Maut di Moto2: Libatkan 11 Pembalap, Motor Terbakar hingga Patah Jadi 2

Senin, 25 April 2022 07:30 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Agustin Marcarian
Kecelakaan terjadi di Moto2 GP Argentina 2022 beberapa waktu lalu. Copyright: © REUTERS/Agustin Marcarian
Kecelakaan terjadi di Moto2 GP Argentina 2022 beberapa waktu lalu.

INDOSPORT.COM - Terjadi insiden kecelakaan maut yang melibatkan 11 pembalap di Moto2. Ada yang motornya terbakar hingga patah menjadi dua.

Insiden mengerikan terjadi di ajang Moto2 GP Portugal 2022, di Sirkuit International Algarve, Portimao, Portugal, Minggu (24/04/22) petang WIB.

Hujan sempat menguyur wilayah tersebut sebelum balapan dimulai yang kemudian menjadi salah satu faktor terjadinya insiden crash, karena lintasan basah.

Trek basah akhirnya menimbulkan petaka saat balapan dimulai. Berjalan mulus di awal-awal, pertengahan balapan baru terjadi insiden tepatnya di lap kesembilan.

Tiga pemabalap terdepan yakni Aron Canet, Cameron Beaubier, dan Ai Ogura terpelanting dari motor mereka. 

Delapan pembalap lainnya menyusul ikut terlibat dalam insiden tersebut, enam di antaranya adalah Somkiat Chantra, Tony Arbolino, Augusto Fernandez.

Lalu ada Sam Lowes, Albert Arenas, Pedro Acosta, Zonta van den Goorbergh, serta Simone Corsi ikut crash di tikungan yang sama tak lama berselang.

Akibat insiden kecelakaan itu, dua motor bertabrakan di gravel hingga menimbulkan api besar yang melahap seluruh bagian motor.

Tak hanya itu, bagian roda depan motor Kalex Moto2 milik Zonta Van den Goorbergh terpisah dengan rangkanya pasca terlibat dalam kecelakaan masal Moto2.

Red flag pun berkibar tanda balapan dihentikan sementara. Balapan baru bisa dilanjutkan kembali 40 menit kemudian.

Para pebalap yang jatuh dan tersungkur di gravel tidak mengalami luka serius. Meski begitu, mereka tak bisa melanjutkan balapan ketika bendera hijau dikibarkan, dan juga tidak cukup waktu untuk memperbaiki motornya.