MotoGP

Kendala Teknis dan Politis, MotoGP Finlandia 2022 Resmi Dibatalkan

Kamis, 26 Mei 2022 13:24 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Debut Finlandia untuk menjadi tuan rumah di ajang MotoGP harus kembali ditunda karena adanya kendala teknis dan geopolitik. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Debut Finlandia untuk menjadi tuan rumah di ajang MotoGP harus kembali ditunda karena adanya kendala teknis dan geopolitik.

INDOSPORT.COM – Debut Finlandia untuk menjadi tuan rumah di ajang MotoGP harus kembali ditunda karena adanya kendala teknis dan geopolitik.

Sejatinya Finlandia telah masuk dalam kalender balap MotoGP sejak 2019. Namun untuk beberapa alasan, Finlandia belum juga debut sebagai tuan rumah.

Di antaranya ialah karena pembangunan trek yang tak kunjung rampung. Belum lagi adanya pandemi Covid-19 membuat pelaksanaannya terus ditunda.

Kali ini balapan di sirkuit Kymring harung kembali ditunda karena terdapat kendala teknis saat homologasi di tengah situasi geopolitik di tanah Eropa.

Sekadar informasi, homologasi sendiri merupakan proses sertifikasi kelayakan untuk sirkuit balap sesuai standar yang dicanangkan sebelum akhirnya resmi digunakan untuk ajang balapan profesional.

Sebenarnya sirkuit Kymring pernah dijajal oleh test rider atau pembalap penguji dari tim Yamaha, Suzuki, Honda, KTM, Aprilia dan Ducati pada Agustus 2019, dilansir dari Motorsport International.

Kemudian juga ada rencana untuk melakukan uji coba di bulan Juni nanti, namun batal karena situasi yang tak memungkinkan.

Lantaran adanya banyak pertambingan, FIM, IRTA, dan Dorna Sports pun mengumumkan bahwa terdapat perubahan dalam kalender MotoGP 2022, Rabu (25/05/22).

Yakni menunda debut MotoGP Finlandia di kelas premier pada musim 2022 ini.