MotoGP

Cuan! Sandiaga Uno Sebut MotoGP Mandalika Sumbang Nilai Tambah Ekonomi Rp4,5 Triliun

Kamis, 2 Juni 2022 13:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Reuters/Willy Kurniawan
Para pembalap MotoGP mulai star usai turun hujan lebat di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok.
Foto: Reuters/Willy Kurniawan Copyright: © Reuters/Willy Kurniawan
Para pembalap MotoGP mulai star usai turun hujan lebat di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok. Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COMSandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menyebutkan gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika memberikan keuntungan besar.

Indonesia belum lama ini sukses menggelar ajang balap kelas dunia MotoGP 2022 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika pada Maret kemarin.

Meski sempat menuai kontroversi saat pembangunan sirkuit Mandalika untuk ajang MotoGP, namun nyatanya kejuaraan balap internasional ini memberikan dampak baik bagi Indonesia terutama provinsi NTB.

Hal ini diungkapkan oleh Sandiaga Uno selaku Menparekraf yang mengatakan bahwa MotoGP Mandalika 2022 telah memberikan nilai tambah bagi ekonomi Indonesia sebesar Rp4,5 triliun.

"(Jumlah) ini di luar angka Rp700-800 miliar yang kita perkirakan," ujar Sandiaga Uno, dalam Weekly Press Briefing secara daring, dilansir dari Antara.

Lebih lanjut, Menparekraf menyatakan kontribusi ajang MotoGP terhadap kenaikan pendapatan domestik regional bruto (PDRB) NTB sebesar 1,46 persen secara tahunan (yoy).

Lalu dengan peningkatan di sektor makanan dan minuman sebesar 1,04 persen, serta transportasi dan pergudangan 0,74 persen.

"Untuk pertumbuhan ekonomi NTB triwulan I tahun 2022 sebesar 7,76 persen, sementara pertumbuhan ekonomi di tingkat nasional di angka 5,01 persen," tambahnya.

MotoGP Mandalika turut mendorong peningkatan jumlah penumpang ke NTB yang sangat signifikan, yakni melalui angkutan udara sebesar 94,81 persen dan angkutan laut 74,91 persen.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno turut menyampaikan hasil survei dampak ajang MotoGP Mandalika 2022 terhadap pelaku usaha.