Formula 1

Langgar Track Limit, Sergio Perez Dapat Hukuman dari FIA

Sabtu, 9 Juli 2022 13:16 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Hamad I Mohammed
Sergio Perez, pembalap F1 dari tim Red Bull (Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed) Copyright: © REUTERS/Hamad I Mohammed
Sergio Perez, pembalap F1 dari tim Red Bull (Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed)

INDOSPORT.COM – Pembalap asal Meksiko, Sergio Perez, baru saja menerima penalti dari FIA karena dianggap meninggalkan trek tanpa alasan yang jelas saat babak kualifikasi F1 GP Austria 2022.

Pelanggaran track limit memang bukanlah sebuah hal baru di Red Bull Ring.

Setelah menyelesaikan sesi kualifikasi di P4, Sergio Perez kini harus rela putaran Q3-nya dihapus waktunya.

"Perez meninggalkan lintasan di Tikungan 8 pada flying lap terakhirnya di Q2, tepat sebelum akhir sesi," demikian bunyi dokumen keputusan FIA tersebut.

"Karena hal ini tidak teridentifikasi sampai saat sebelum Q3 dimulai, lap tersebut tidak dihapus sebelum dimulainya Q3, dan Perez memulai Q3. Ini adalah konsekuensi dari banyaknya situasi yang harus diperiksa di setiap sesi.”

Video yang menampakkan balapan tersebut dinilai jelas, jadi tidak ada keraguan perihal pelanggaran yang dilakukan Perez bagi FIA.

Sejak saat itu pula telah dikonfirmasi bahwa Checo, sapaan akrab Sergio Perez, akan memulai P13 untuk Sprint hari ini, Sabtu (09/07/22).

"Tim telah membuat keputusan bahwa meninggalkan lintasan bukanlah keuntungan yang jelas, [tim] juga telah membawa data untuk mendukung keputusan itu," lanjut dokumen tersebut.

Akan tetapi, para steward menganggap bahwa hal ini bukanlah kasus untuk "mendapatkan sebuah keuntungan jangka panjang".

Lebih lanjut, para steward menganggap kasus ini sebagai kasus "meninggalkan lintasan tanpa alasan yang dapat dibenarkan.