Formula 1

Bikin Kaget, Sebastian Vettel Umumkan Pensiun di Akhir Formula 1 2022

Kamis, 28 Juli 2022 23:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Florion Goga - Pool/Getty Images
Pembalap Aston Martin, Sebastian Vettel secara mengejutkan mengumumkan bakal pensiun dari ajang Formula 1 (F1). Copyright: © Florion Goga - Pool/Getty Images
Pembalap Aston Martin, Sebastian Vettel secara mengejutkan mengumumkan bakal pensiun dari ajang Formula 1 (F1).

INDOSPORT.COM – Pembalap Aston Martin, Sebastian Vettel secara mengejutkan mengumumkan bakal pensiun dari ajang Formula 1 (F1).

Kabar ini diumumkan langsung oleh Sebastian Vettel di akun Instagram pribadinya pada Kamis (28/07/22) sore WIB.

Vettel mengunggah sebuah video singkat dan mengatakan bahwa diri akan pensiun pada akhir musim Formula 1 2022 nanti.

“Dengan ini saya mengumumkan bahwa saya telah memutuskan akan pensiun dari Formula 1 pada akhir musim 2022. Saya mungkin harus mulai dengan daftar panjang untuk berterima kasih kepada banyak orang sekarang,” ucap Vettel.

“Namun saya merasa lebih penting untuk menjelaskan alasan terkait keputusan saya pensiun dari ajang jet darat pada akhir musim nanti. Saya mencintai olahraga ini dan telah menjadi pusat dalam hidup saya.

“Namun sebanyak apapun kehidupan saya di atas trek, saya juga memiliki kehidupan di luar balapan. Menjadi pembalap bukanlah satu-satunya identitas saya. Saya sangat percaya dengan siapa kita dan bagaimana kita memperlakukan orang lain. Ketimbang apa yang kita lakukan,” tambah Vettel.

Lebih lanjut pembalap berjuluk Baby Schumi tersebut mengatakan bahwa ingin menghabiskan waktu dan lebih dekat dengan keluarga kecilnya menjadi alasan mengapa ia pensiun dari F1.

"Saya Sebastian, ayah dari tiga anak, suami dari perempuan istimewa. Di luar balapan, saya memiliki keluarga, dan saya senang bisa dekat dengan mereka.

“Saya memiliki kepentingan lain di luar F1. Karier saya di ajang jet darat membuat saya menghabiskan banyak waktu jauh dari mereka dan menghabiskan banyak tenaga. Kini karier saya sudah tak sejalan dengan status saya sebagai ayah dan seorang suami yang hebat.

“Maka target saya kini sudah berubah dari memenangi balapan dan kejuaraan dunia Formula 1, menjadi bisa melihat anak-anak saya tumbuh. Membantu mereka saat mereka jatuh. Mendengarkan mereka saat mereka butuh saya," jelas Sebastian Vettel.