Formula 1

Hasil Kualifikasi F1 GP Jepang 2022: Pole Position, Verstappen Selangkah Lagi Raih Gelar Juara Dunia

Sabtu, 8 Oktober 2022 14:26 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Dan Istitene - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Berikut hasil kualifikasi Formula 1 (F1) GP Jepang 2022 hari ini, Sabtu (8/10/22), Max Verstappen selangkah lagi kunci gelar juara dan diburu 2 pembalap Ferrari Copyright: © Dan Istitene - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Berikut hasil kualifikasi Formula 1 (F1) GP Jepang 2022 hari ini, Sabtu (8/10/22), Max Verstappen selangkah lagi kunci gelar juara dan diburu 2 pembalap Ferrari

INDOSPORT.COM – Berikut hasil kualifikasi Formula 1 (F1) GP Jepang 2022 hari ini, Sabtu (8/10/22), Max Verstappen selangkah lagi kunci gelar juara dan diburu dua pembalap Ferrari.

Sebagaimana diketahui, F1 GP Jepang 2022 merupakan seri balapan ke-16 pada musim ini yang akan berlangsung di Sirkuit Suzuka pada akhir pekan ini.

Balapan di Suzuka akan digelar seperti biasanya yakni dari latihan bebas atau Free Practice (FP), kualifikasi hingga race pada Jumat (7/10/22) hingga Minggu (9/10/22).

Pada hari ini, para pembalap akan melanjutkan perjuangannya lewat sesi FP3 dan kualifikasi untuk memperebutkan pole position.

Di sesi kualifikasi, empat pembalap yakni Alex Albon, Pierre Gasly, Kevin Magnussen, Lance Stroll dan Nicolas Latifi tersingkir di Q1.

Kemudian lima pembalap lainnya yang berada di barisan belakang yakni Daniel Ricciardo, Valtteri Bottas, Yuki Tsunoda, Zhou Guanyu juga keok di Q3, dan pembalap sisanya lolos ke Q3.

Balapan pun berjalan sangat ketat, di mana selisih para pembalap satu dengan lainnya begitu tipis. Namun yang paling mencolok ialah penampilan Max Verstappen selaku pembalap andalan Red Bull Racing.

Verstappen tampil begitu dominan sejak Q1 dengan catatan waktu yang cukup konsisten. Namun sempat nyaris terjadi kontak antara pembalap asal Belanda itu dengan Lando Norris.

Kala itu Verstappen melambat saat out lap sehingga Norris mendadak harus menghindar. Insiden ini tentunya akan diinvestigasi setelah sesi kualifikasi.

Mampu tampil dominan, Max Verstappen berhasil meraih pole position usai menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 29.304 detik di kualifikasi F1 GP Jepang 2022.