Formula 1

Sah! Max Verstappen Rengkuh Juara Dunia Formula 1 2022

Minggu, 9 Oktober 2022 18:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Kim Kyung-Hoon
Pembalap Red Bull, Max Verstappen, merayakan gelar juara dunia Formula 1 selepas laga GP Jepang. REUTERS/Kim Kyung-Hoon. Copyright: © REUTERS/Kim Kyung-Hoon
Pembalap Red Bull, Max Verstappen, merayakan gelar juara dunia Formula 1 selepas laga GP Jepang. REUTERS/Kim Kyung-Hoon.

INDOSPORT.COM – Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen, sah dinobatkan sebagai juara dunia ajang balapan Formula 1 musim 2022.

Pembalap berkebangsaan Belgia-Belanda tersebut berhasil mempertahankan statusnya sebagai juara dunia yang dia torehkan di Formula 1 musim lalu.

Max Verstappen memastikan juara dunia setelah memenangi balapan F1 GP Jepang 2022 yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Minggu (09/10/22) malam WIB kemarin.

Verstappen tampil dominan pada balapan dengan kondisi trek basah sepanjang 28 putaran. Namun perjuangannya tidak mudah sama sekali.

Apalagi balapan yang diadakan di Sirkuit Suzuka tersebut sempat tertunda lama karena cuaca buruk dan sejumlah insiden kecelakaan di lap pembuka.

Bahkan di awal balapan di Sirkuit Suzuka, Verstappen yang start di pole position, sempat diasapi oleh pembalap Ferrari, Chales Leclerc.  

Beruntung, Verstappen tak butuh waktu lama untuk kembali jadi yang terdepan. Verstappen mengungguli Leclerc di urutan pertama dengan margin waktu mencapai 24 detik.

Melansir dari crash.net, kemenangan Max Verstappen ini sekaligus menyelesaikan gelar juara dunia Formula 1 2022 dengan empat balapan tersisa.

Verstappen kini mengumpulkan 366 poin di puncak klasemen F1. Sergio Perez menyusul dengan 253 poin, unggul satu angka atas Charles Lecrec.

Titel kedua yang direbut Verstappen secara beruntun itu terasa lebih indah bagi sang pebalap Red Bull, setelah mengarungi 18 balapan terakhir dengan 12 kemenangan.