Formula 1

Traktor Nyelonong di Sirkuit Suzuka, Pembalap Prancis Nyaris Terkena Bahaya di F1 GP Jepang

Minggu, 9 Oktober 2022 16:06 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
© (Photo by Jenifer Lorenzini - Pool/Getty Images)
Pierre Gasly menjadi juara di F1 GP Belgia dan sempat berjuang dengan Sean Gelael. Copyright: © (Photo by Jenifer Lorenzini - Pool/Getty Images)
Pierre Gasly menjadi juara di F1 GP Belgia dan sempat berjuang dengan Sean Gelael.

INDOSPORT.COM – Sebuah traktor tiba-tiba masuk dalam sirkuit Suzuka, Jepang, di tengah gelaran Formula 1 GP Jepang yang berdampak pada pembalap Prancis, Pierre Gasly

Pembalap Prancis, Pierre Gasly, nyaris saja terkena bahaya kala turun mengaspal dalam balapan Formula 1 GP Jepang pada hari Minggu (09/10/22).

Hujan deras mengguyur sirkuit Suzuka dan kemudian mengakibatkan para pembalap Formula 1 harus membalap dalam kondisi jarak pandang yang terbatas.

Akibatnya, beberapa pembalap mengalami kecelakaan dan kemudian balapan dihentikan  ketika Carlos Sainz Jr (Ferrari) dan Alexander Albon (Williams) mengalami kecelakaan.

Petugas sirkuit kemudian mengibarkan bendera merah, tanda para pembalap harus kembali ke pit dan menunggu hingga keadaan aman untuk melanjutkan balapan Formula 1 GP Jepang.

Kendati demikian, ada satu kejadian mengerikan dalam balapan di Sirkuit Suzuka ini, ketika pembalap asal Prancis yang membela Alpine F1 Team,  Pierre Gasly nyaris saja menabrak traktor.

Kejadian ini tertangkap dari media sosial ayah dari eks pembalap Formula 1, Jules Bianchi, Philippe Bianchi yang merekam adanya traktor yang terlihat samar-samar dari pandangan kamera di mobil Pierre Gasly.

Sepintas, Philippe Bianchi mengingat kejadian nahas yang menimpa sang putra, Jules Bianchi yang menagalami kecelakaan fatal kala membalap di Sirkuit Suzuka pada 2014 dalam gelaran balapan Formula 1.

“Sebuah traktor berada di Sirkuit?”  Ujar  Gasly kepada tim Alpha Tauri melalui radio yang kemudian sempat direkam oleh Philippe Bianchi dalam media sosial Instagram.

Kemarahan Pierre Gasly pun sempat tumpah kepada para teknisi dalam garasi tim Alpha Tauri atas kejadian itu, dengan penjelasan yang cukup rinci.