In-depth

Sejarah Hari Ini: Valentino Rossi Pensiun, Balapan Terakhir di MotoGP Valencia 2021

Senin, 14 November 2022 10:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© crash
Momen perpisahan Valentino Rossi dengan MotoGP dan timnya di Valencia setelah mengumumkan pensiun. Copyright: © crash
Momen perpisahan Valentino Rossi dengan MotoGP dan timnya di Valencia setelah mengumumkan pensiun.

INDOSPORT.COM - Sejarah hari ini, 14 November 2021, Valentino Rossi akhirnya memutuskan untuk pensiun. Ia menutup karirnya di MotoGP Valencia tahun lalu.

Setelah melalui 26 musim tampil di ajang Grand Prix pada kelas 125cc, 250cc, hingga kelas 500cc atau MotoGP, Valentino Rossi akhirnya pensiun.

Dari total 26 musim, pembalap asal Italia itu sukses meraih sembilan gelar juara dunia.

Meski sudah tidak pernah menyabet gelar juara dunia MotoGP sejak 2009, Valentino Rossi tetap dianggap sebagai pembalap terhebat sepanjang sejarah.

Berikut INDOSPORT merangkum fakta-fakta menarik seputar Valentino Rossi, yang resmi pensiun pada 14 November 2021.

Debut di Malaysia, Dekat dengan Indonesia

Meski besar di Italia, tetapi Valentino Rossi juga memiliki kenangan khusus dengan Asia Tenggara. Ia memulai debut MotoGP di kelas 125cc pada tahun 1996 di Malaysia.

Sejak saat itu, prestasi pebalap kelahiran 16 Februari 1979 itu mulai menanjak. Di 1997, Valentino Rossi berhasil meraih titel juara, dalam balapan yang digelar di Ceko.

Setahun kemudian, pada 1998, Rossi naik ke kelas 250cc dan berlaga di GP Jepang. Di level ini, The Doctor pertama kali menang pada seri ketujuh yang digelar di Belanda.

Senak saat itu, Valentino Rossi menuai popularitas tinggi, bahkan salah satu basis penggemar terbesar adalah dari Indonesia.

Maka dari itu, tak heran jika Valentino Rossi cukup sering wara-wiri di Tanah Air. Ia juga membintangi beberapa iklan di Indonesia.