MotoGP

WSBK Resmi Rilis Kalender Sementara 2023, Sirkuit Mandalika Pindah di Awal Musim

Selasa, 15 November 2022 16:20 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© WorldSBK
World Superbike (WSBK) akhirnya resmi merilis kalender sementara 2023, di mana balapan di Indonesia atau lebih tepatnya di Sirkuit Mandalika digelar awal musim. Copyright: © WorldSBK
World Superbike (WSBK) akhirnya resmi merilis kalender sementara 2023, di mana balapan di Indonesia atau lebih tepatnya di Sirkuit Mandalika digelar awal musim.

INDOSPORT.COMWorld Superbike (WSBK) akhirnya resmi merilis kalender sementara 2023, di mana balapan di Indonesia atau lebih tepatnya di Sirkuit Mandalika digelar pada awal musim.

Melalui akun media sosialnya, WSBK akhirnya resmi merilis kalender sementara balapan musim depan 2023 pada 10 November kemarin.

Dalam rilisnya, WSBK 2023 akan menggelar 12 seri balapan pada musim depan, dan hanya tinggal satu seri saja yang belum diumumkan.

Terdapat sejumlah perubahan yang berbeda dari edisi sebelumnya. Yakni salah satunya untuk pertama kalinya sejak 2020, musim WorldSBK dimulai dari titik awal biasanya di seri Australia, Phillip Island pada 24-26 Februari 2023.

Perubahan lainnya ialah WSBK di Indonesia yang digelar di Sirkuit Mandalika di pindah pada awal musim depan.

WSBK Mandalika sendiri biasanya menjadi seri terakhir yang digelar pada bulan November di musim 2021 dan 2022.

Namun pada musim 2023, WSBK Mandalika menjadi seri balapan kedua yang digelar pada 3-5 Maret tahun depan.

Pengumuman ini kebalikan dari ajang MotoGP Mandalika, yang biasanya digelar awal musim kini diubah menjadi seri ke-16 pada Oktober tahun depan.

Kemudian setelah dua balapan beruntun di Asia dan jeda enam pekan, kejuaraan menuju ke daratan Eropa yang dimulai dengan Sirkuit TT Assen, Belanda pada 21-23 April, di mana kelas WorldSSP300 akan mengaspal untuk pertama kalinya untuk musim depan.

Lalu Sirkuit San Juan Villicum menjadi tuan rumah seri Argentina untuk kelima kalinya dalam sejarah pada 13-15 Oktober sebelum seri penutup, yang masih menunggu konfirmasi untuk lokasinya. Untuk lebih lengkapnya berikut kalender WSBK 2023: