Formula 1

Jilat Ludah Sendiri, Ferrari Resmi Umumkan Mattia Binotto Mundur Sebagai Team Principal

Selasa, 29 November 2022 20:12 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo
Team principal Ferrari, Mattia Binotto. Foto: REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo. Copyright: © REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo
Team principal Ferrari, Mattia Binotto. Foto: REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo.

INDOSPORT.COM – Tim Scuderia Ferrari akhirnya resmi mengumumkan bahwa Mattia Binotto mundur dari jabatannya sebagai Team Principal tim Kuda Jingkrak usai sempat membantahnya.

Kabar mengejutkan ini diumumkan langsung oleh tim Ferrari dan juga Formula 1 (F1) melalui akun media sosial pribadinya pada Selasa (29/11/22) sore WIB.

Mattia Binotto akan meninggalkan jabatannya pada akhir tahun atau per tahun 31 Desember 2022 mendatang, atau sebelum musim Formula 1 2023 dimulai.

“Breaking, Mattia Binotto akan meninggalkan posisinya sebagai kepala Tim Ferrari pada akhir tahun 2022,” cuit laman resmi F1.

Dalam rilisnya, Mattia Binotto menyatakan bahwa dirinya dengan berat hati meninggalkan Ferrari, yang merupakan tim yang sangat dicintainya.

“Dengan berat hati saya telah memutuskan untuk mengakhiri kolaborasi saya dengan Ferrari,” kata Binotto, dilansir dari laman resmi F1.

“Saya meninggalkan perusahaan yang saya cintai dan telah menjadi bagian hidup saya selama 28 tahun. Saya meninggalkan tim yang telah Bersatu dan berkembang. Tim yang kuat dan siap, saya yakin untuk mencapai tuan tertinggi dan mendoakan terbaik untuk masa depan,”

“Saya pikir ini adalah keputusan yang tepat meski sulit. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di Ferrari yang telah berbagi perjalanan dengan saya, meski ada kesulitan namun juga ada rasa kebahagiaan,” jelasnya.

Ini berarti, Ferrari sudah mengganti team principal sebanyak empat kali sejak tahun 2008 yakni Stefano Domenicali, Marco Mattiacci, Maurizio Arrivabene dan Mattia Binotto, dan sejauh ini hanya meraih satu gelar konstruktor pada 2008.

Sebelumnya Ferrari sempat menepis kabar soal rumor yang menyebutkan bahwa Mattia Binotto bakal hengkang dari tim Kuda Jingkrak di Formula 1 (F1).