Formula 1

Resmi dapat Sertifikat dari FIA, Sirkuit Mandalika Bakal Jadi Tuan Rumah Formula 1?

Selasa, 13 Desember 2022 12:03 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Humas MotoGP Mandalika
Pemerintah mengumumkan bahwa Sirkuit Mandalika telah mendapatkan sertifikasi dari FIA sehingga bisa menggelar kejuaraan roda empat, termasuk Formula 1(F1)?(Foto: Humas MotoGP Mandalika) Copyright: © Humas MotoGP Mandalika
Pemerintah mengumumkan bahwa Sirkuit Mandalika telah mendapatkan sertifikasi dari FIA sehingga bisa menggelar kejuaraan roda empat, termasuk Formula 1(F1)?(Foto: Humas MotoGP Mandalika)

INDOSPORT.COM – Pemerintah baru-baru ini mengumumkan bahwa Sirkuit Mandalika telah mendapatkan sertifikasi dari Federasi Otomotif Internasional (FIA) sehingga bisa menggelar kejuaraan roda empat, lalu apakah Formula 1 (F1) bisa gelar balapan di Indonesia?

Kabar baik tersebut diucapkan langsung oleh Dony Oskaria selaku Direktur Utama Holding BUMN Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney.

“Kita baru saja mendapatkan sertifikasi dari FIA untuk roda empat di sirkuit kita (Mandalika),” kata Dony Oskaria, dilansir dari Antara.

Lebih lanjut Dony Oskaria mengatakan bahwa dengan demikian Sirkuit Mandalika yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia bisa menggelar kejuaraan roda empat.

Sejauh ini, Sirkuit Mandalika hanya menggelar kejuaraan roda dua seperti kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

Namun belum ada kabar lebih lanjut kejuaraan roda empat apa yang bisa digelar di Mandalika, termasuk balapan Formula 1 (F1).

Untuk Kawasan Asia Tenggara, Formula 1 hanya menunjuk Singapura yang menjadi tuan rumah di ajang jet darat tersebut.

Indonesia sebelumnya memang memiliki mimpi untuk menjadi tuan rumah kejuaraan Formula 1 namun hingga saat ini belum terealisasi.

InJourney juga mengatakan bahwa water sports juga akan menjadi salah satu olaharaga yang masuk sebagai daya tarik di Mandalika bagi wisatawan.

Di sisi lain, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengatakan adanya WSBK dan MotoGP memberika dampak positif untuk meningkatkan ekonomi di Sirkuit Mandalika, daerah maupun nasional.