MotoGP

Sering Berduel dengan Valentino Rossi, Sete Gibernau Malah Sebut Marquez Pembalap Terbaik MotoGP

Minggu, 8 Januari 2023 17:28 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
© Reuters/Willy Kurniawan
Pembalap LCR Honda Alex Marquez dan pembalap Repsol Honda Marc Marquez saat beraksi di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Sabtu (19/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan Copyright: © Reuters/Willy Kurniawan
Pembalap LCR Honda Alex Marquez dan pembalap Repsol Honda Marc Marquez saat beraksi di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Sabtu (19/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM – Rival abadi Valentino Rossi di MotoGP era 2000-an, Sete Gibernau menyebut Marc Marquez sebagai pembalap terbaik dalam sejarah.

Bukan Valentino Rossi, yang notabene adalah rivalnya kala menjadi pembalap MotoGP, mantan rider asal Spanyol, Sete Gibernau menyebut Marc Marquez sebagai yang terbaik.

Salah satu alasannya adalah kembalinya Marquez untuk membalap di ajang MotoGP 2023 usai terkena cedera.

Tentu saja, jika Marquez mampu menjadi juara di ajang MotoGP 2023, maka rekor Valentino Rossi sebagai juara terbanyak di kelas teratas akan disamai.

Di sisi lain, sebelum Marquez yang kemudian menjadi rival pamungkas Valentino Rossi sebelum pensiun dari MotoGP pada 2021, ada Sete Gibernau yang menjadi pembalap legendaris.

Rivalitas Sete Gibernau-Valentino Rossi adalah tontonan menarik di dalam maupun luar lintasan MotoGP dan dimulai sejak 2003.

Kala itu, pertarungan Valentino Rossi dan Sete Gibernau dimulai di sirkuit Sachsenring dan Le Mans, sebelum MotoGP 2004 di tiga sirkuit, Assen, Mugello, dan Phillip Island.

Hanya saja, ada satu insiden menurut Crash yang menjadi tonggak rivalitas Rossi-Gibernau, yaitu ketika balapan di Qatar yang mengakibatkan The Doctor jatuh dan didera cedera.

Rivalitas tersebut kemudian mencapai puncak pada gelaran MotoGP 2005 manakala terjadi kontak antara Valentino Rossi dan Sete Gibernau di tikungan terakhir putaran terakhir.

Hanya saja, Sete Gibernau lebih memilih Marc Marquez sebagai pembalap terbaik MotoGP sepanjang masa dibandingkan rival abadinya, Valentino Rossi.