MotoGP

Kabar Bahagia! IMI Pastikan Sirkuit Mandalika Punya Lisensi dari FIA, Tuan Rumah F2?

Rabu, 11 Januari 2023 19:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Humas MotoGP Mandalika
IMI memastikan Sirkuit Mandalika bakal menerima lisensi Grade 2 dari Federation Internationale de I’Automobile (FIA) yang bisa jadi tuan rumah Formula 2 (F2). (Foto: Humas MotoGP Mandalika) Copyright: © Humas MotoGP Mandalika
IMI memastikan Sirkuit Mandalika bakal menerima lisensi Grade 2 dari Federation Internationale de I’Automobile (FIA) yang bisa jadi tuan rumah Formula 2 (F2). (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

INDOSPORT.COMIkatan Motor Indonesia (IMI) menyampaikan kabar bahagia yakni memastikan Sirkuit Mandalika bakal menerima lisensi Grade 2 dari Federation Internationale de I’Automobile (FIA) yang bisa jadi tuan rumah ajang Formula 2 (F2).

Kabar tersebut diungkapan langsung oleh Bambang Soesatyo selaku Ketua Umum IMI, yang menyampaikan bahwa lisensi dari FIA tersebut akan diterima pada akhir Januari 2023 nanti.

"Atau paling lambat Februari 2023, Sirkuit Internasional Mandalika akan menerima lisensi Grade 2 dari FIA," kata Bambang Soesatyo, dilansir dari Antara.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut mengatakan bahwa lisensi Grade A dari FIA didapatkan berkat Timothy Schenken.

Timothy Schken selaku Inspektur FIA sebelumnya telah melakukan inspeksi terhadap kondisi Sirkuit Mandalika pada Desember 2022 kemarin.

Saat itu petinggi FIA tersebut melakukan pemantauan bersama Ananda Mikola selaku Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil IMI.

Selain itu juga ada jajaran dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Bamsoet turut mengatakan bahwa lisensi Grade 2 dari FIA sangat penting. Pasalnya Sirkuit Mandalika bisa menjadi tuan rumah untuk kejuaraan bergengsi salah satunya seperti Formula 2 (F2).

"Setelah mendapatkan Grade 2, Sirkuit Internasional Mandalika bisa menyelenggarakan berbagai kejuaraan internasional balap mobil seperti F2, Asia Le Mans Series, GT World Challenge, World Endurance Challenge, dan lain sebagainya," tambahnya.

Di sisi lain, saat ini IMI, ITDC, dan MGPA saat ini terus mematangkan persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah kejuaraan dunia yakni World Superbike (WSBK) dan MotoGP 2023.