MotoGP

5 Pembalap yang Tertekan Jelang MotoGP 2023, Marquez Bakal Kelimpungan?

Selasa, 24 Januari 2023 14:56 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Reuters/Willy Kurniawan
Pembalap LCR Honda Alex Marquez dan pembalap Repsol Honda Marc Marquez saat beraksi di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Sabtu (19/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan Copyright: © Reuters/Willy Kurniawan
Pembalap LCR Honda Alex Marquez dan pembalap Repsol Honda Marc Marquez saat beraksi di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Sabtu (19/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM - MotoGP 2023 akan segera dimulai. Ajang balap motor bergengsi dunia ini, tentu akan membuat beberapa pembalap sepertii tertekan, siapa saja mereka?

Sepanjang MotoGP 2022 kemarin, beberapa pembalap mulai menegaskan diri mereka sebagai bintang selanjutnya di arena balap. 

Salah satunya adalah Francesco Bagnaia yang baru saja memenangkan MotoGP 2022 kemarin. Ini merupakan gelar pertamanya di level MotoGP. 

Jelang musim baru, Bagnaia pun sudah diumumkan akan tetap membela Ducati dengan mengenakan nomor satu pada tunggangannya.

Memenangi titel MotoGP merupakan tugas yang sangat besar dan statistik menunjukkan bahwa tak banyak pebalap yang mampu mempertahankan gelar juara dunianya pada musim berikutnya. 

"Ini adalah tantangan yang sangat berat, begitu pula menurut statistik. Sedikit pebalap yang mampu mengulangi kesuksesannya pada musim berikutnya," kata general manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna.

Pernyataan bos Ducati itu bukannya tanpa alasan, karena sejak era MotoGP yang dimulai pada 2002, memang belum ada yang melakukannya. 

Tercatat hanya Valentino Rossi, yang merupakan mentor dari Bagnaia, dan Marc Marquez yang mampu mempertahankan gelar juara dunia yang ia raih pada musim berikutnya.

Namun, bukan hanya soal Bagnaia mempertahankan gelarnya di musim baru, tapi sejumlah driver yang baru pindah tim pun akan mengalami tekanan. 

INDOSPORT sudah merangkum 5 pembalap yang diyakini tertekan jelang bergulirnya MotoGP 2023 ini.