MotoGP

6 Fakta Menarik Andrea Dovizioso Selama Jadi Pembalap MotoGP

Selasa, 17 Januari 2023 20:40 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Twitter@AndreaDovizioso
Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso. Copyright: © Twitter@AndreaDovizioso
Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso.

INDOSPORT.COM - Pembalap top MotoGP, Andrea Dovizioso baru saja memutuskan gantung helm usai GP San Marino 2022 lalu. Terdapat 6 fakta menarik tentangnya selama jadi pembalap.

Andrea Dovizioso tiba-tiba memutuskan untuk berhenti di tengah musim 2022. Pasalnya, pembalap yang membela Petronas Yamaha (withU Yamaha RNF MotoGP) secara mendadak mengumumkan pensiun dari dunia MotoGP.

“Yamaha Motor Co., Ltd. mengumumkan bahwa bintang MotoGP Andrea Dovizioso telah memutuskan untuk pensiun dari MotoGP setelah Gran Premio di San Marino e della Riviera di Rimini yang akan datang,” demikian tulis Dovizioso meneruskan pernyataan resmi timnya, Yamaha.

Keputusan Dovi – sapaan akrab Dovizioso – pensiun bukan hal yang dia ambil secara mendadak. Pasalnya, dia sudah mempertimbangkannya sejak lama seiring dengan performanya yang menurun.

Dovizioso memperkuat tim RNF, Andrea Dovizioso merupakan pembalap yang diplot menggantikan superstar Yamaha, Valentino Rossi yang sebelumnya juga memutuskan pensiun.

Sayang sekali comeback Dovizioso bersama RNF Racing tidak berlangsung manis. Hal ini didorong dengan kondisi MotoGP banyak mengalami perubahan beberapa tahun terakhir.

Selama 22 tahun berkarir di MotoGP, Andrea Dovizioso memiliki sejumlah fakta menarik. Berikut INDOSPORT rangkum 6 fakta menarik tentang karirnya. 

6. Juara Dunia Pertama di 2004

Andrea Dovizioso pertama kali menjadi juara dunia di kelas 125cc pada tahun 2004 silam bersama motor Honda.

Sayangnya, gelar juara tersebut menjadi satu-satunya juara dunia yang pernah diraih oleh pembalap berkebangsaan Italia itu. 

Pada tahun 2004, Dovizioso berhasil mencatat naik podium 11 kali, termasuk lima posisi pertama dengan total 293 poin di klasemen akhir kelas 125cc.