Formula 1

4 Pembalap Formula 1 Terakhir yang Jago di Kandangnya Sendiri

Kamis, 2 Februari 2023 09:58 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Andrej Isakovic
Max Verstappen (Red Bull) dan Lewis Hamilton (Mercedes) di F1 GP Arab Saudi (06/12/21). Copyright: © REUTERS/Andrej Isakovic
Max Verstappen (Red Bull) dan Lewis Hamilton (Mercedes) di F1 GP Arab Saudi (06/12/21).

INDOSPORT.COM - Banyak pembalap F1 yang berhasil meraih kemenangan ketika bertindak sebagai tuan rumah.

Formula 1 musim 2023 akan resmi bergulir pada 5 Maret mendatang. Ajang Grand Prix F1 Bahrain akan jadi seri pembuka kompetisi jet darat ini.

Setalah Bahrain, balapan F1 2023 akan beralih ke Arab Saudi (19 Maret) sebelum menuju ke benua Australia untuk seri Melbourne pada 2 April mendatang.

Akan tetapi, Grand Prix F1 China yang dilangsungkan di Shanghai terpaksa dibatalkan. Balapan China ini sedianya berlangsung pada 16 April dan merupakan putaran keempat dari 24 balapan.

Ini merupakan tahun keempat secara berturut-turut seri balapan China terpaksa dibatalkan dengan alasan kebijakan setempat guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Formula 1 dapat mengonfirmasi bahwa musim 2023 akan terdiri dari 23 balapan. Semua tanggal balapan yang telah ada dalam kalender tetap berlaku tanpa ada perubahan," tulis laman resmi F1.

Dengan dihapusnya seri China, akan ada jeda antara Grand Prix Australia dengan Grand Prix Azerbaijan yang rencananya digelar pada 30 April 2023.

Selanjutnya pada bulan Mei, akan berlangsng Grand Prix Miami (7 Mei), sebelum beralih GP Emilia-Romagna pada 21 Mei.

Ada pun GP F1 Belgia yang berlangsung di Spa-Francorchamps telah dimajukan sebelum liburan musim panas pada 30 Juli, sedangkan GP Belanda jadi balapan tunggal di bulan Agustus.

Di kalender F1 2023 kali ini juga akan menandai debut Grand Prix Las Vegas. Balapan ini rencananya akan digelar pada 8 November, tepat sebelum balapan pamungkas di Abu Dhabi pada 26 November.

Menyambut Formula 1 2023, pembalap Red Bull Max, MaxVerstappen, punya kesempatan memenangkan gelar ketiganya secara berturut-turut setelah dia menjadi juara dunia di tahun 2021 dan 2022.

Tetapi Max Verstappen perlu waspada pada musim depan, karena gelarnya bisa saja melayang kapan pun mengingat banyak pembalap yang bisa mencuri poin, ketika mereka bertindak sebagai tuan rumah.

Berikut beberapa nama pembalapa yang bisa meraih kemenangan di kandangnya sendiri dalam ajang Formula One (F1).