MotoGP

Sakti! 5 Pembalap MotoGP Ini Pernah Juara Dunia Padahal Hanya di Tim Satelit

Jumat, 10 Februari 2023 22:08 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Chris Covatta/Getty Images
Valentino Rossi, Alex Rins, dan Jack Miller selebrasi di podium MotoGP Amerika, Senin (15/04/19). Foto: Chris Covatta/Getty Images Copyright: © Chris Covatta/Getty Images
Valentino Rossi, Alex Rins, dan Jack Miller selebrasi di podium MotoGP Amerika, Senin (15/04/19). Foto: Chris Covatta/Getty Images

INDOSPORT.COM - Dalam MotoGP, ada namanya tim satelit, yang bukanlah tim utama. Namun 5 pembalap ini sakti karena pernah juara dunia bersama tim satelit.

MotoGP 2023 sebentar lagi akan dimulai dan bisa dibilang siap menjadi musim yang paling menarik dalam sejarah. Bagaimana tidak, dari 22 pembalap terdapat 13 rider yang pernah mencicip gelar juara dunia dan mengawinkan sebanyak 24 gelar. 

Tidak hanya fakta tersebut, tim-tim peserta MotoGP 2023 pun terus mendukung para rider mereka dari segi teknis yang hampir setara dengan lawan-lawannya. 

Hampir semua pembalap akan balapan di 21 sirkuit dengan motor spek terbaru. Sementara yang masih pakai motor lama, juga mendapat upgrade besar-besaran. 

Tidak hanya tim-tim utama yang mendapat dukungan teknis dari para teknisi dan insinyur mesin terbaik, tim satelit juga tidak mau kalah. 

Yang membuat tim satelit kini mulai meramaikan perburuan gelar juara, seperti yang dilakukan Enea Bastianini pada musim lalu bersama tim satelit Ducati. 

Musim 2022, mungkin menjadi salah satu yang terbaik untuk Bastianini kala menunggangi motor Ducati Desmosedici GP21 milik tim satelit Gresini Racing. 

Motor dengan spek yang bukan jempolan, dia berhasil mencatat 6 kali naik podium dan 4 kali di antaranya berhasil memenangkan balapan. 

Dia bahkan duduk di peringkat ketiga klasemen akhir rider di MotoGP 2022. Yang membuat Ducati akhirnya mempromosikannya ke Ducati Lenovo Team. 

Menarik untuk kamu ketahui para pembalap dari tim satelit yang mampu merebut gelar juara dunia dalam sejarah MotoGP. Siapa saja mereka?