MotoGP

Sebelum Bagnaia, 6 Pembalap MotoGP Ini Juga Pernah Ganti Nomor Motor

Senin, 13 Februari 2023 22:50 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Pablo Morano
Francesco Bagnaia keluar sebagai juara MotoGP 2022 meski hanya finis di posisi ke-9 MotoGP Valencia, Minggu (06/11/22). Copyright: © REUTERS/Pablo Morano
Francesco Bagnaia keluar sebagai juara MotoGP 2022 meski hanya finis di posisi ke-9 MotoGP Valencia, Minggu (06/11/22).

INDOSPORT.COM - Sebelum Francesco Bagnaia melakukannya, ada 6 pembalap MotoGP yang ternyata juga pernah ganti nomor motor sebelum musim MotoGP yang baru dimulai. 

MotoGP 2023 sebentar lagi akan dimulai dengan para peserta kini mulai melakukan tes pramusim di berbagai arena balap. 

MotoGP akhirnya merilis daftar final line-up pembalap dan tim untuk kejuaraan kelas premier musim 2023 nanti, Augusto Fernandez jadi rookie satu-satunya dan ada Dream Team Repsol Honda.

Sebagai juara dunia di musim 2022, praktis Bagnaia akan menggunakan nomor tunggangan 1 (satu) di motornya musim depan. 

Musim lalu, Bagnaia memakai nomor 63 saat meraih melakukan comeback terbaik dalam sejarah MotoGP dan mengalahkan Fabio Quartararo dalam persaingan juara.

"Saya memutuskan untuk membalap dengan nomor #1, dan targetnya adalah mempertahankan nomor tersebut. Saya tak boleh terbuai dengan kemenangan di musim lalu. Pertarungan menjadi juara tahun ini akan lebih sulit," ujar Bagnaia, dikutip Sky Sport Italia.

Namun sebelum Bagnaia, ada 6 rider MotoGP yang memutuskan ganti nomor sebelum musim baru dimulai. Siapa sajakah mereka?

6. Maverick Vinales

Maverick Vinales merupakan salah satu pembalap top yang pernah ganti nomor. Padahal sebelumnya Ia sudah identik dengan nomor motor 25. 

Namun jelang MotoGP 2019 lalu, Vinales mengganti nomor motornya menjadi nomor 12, dengan alasan ingin melupakan dua musim sebelumnya yang sulit bersama Yamaha. 

Meski sudah pindah ke tim Aprilia Racing sejak 2021, rider asal Spanyol itu tetap memakai nomor motor 12.