Formula 1

5 Juara Dunia Formula 1 Termuda Sepanjang Masa, Peringkat Pertama bukan Hamilton

Sabtu, 18 Februari 2023 16:47 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Kim Kyung-Hoon
Pembalap Red Bull, Max Verstappen, merayakan gelar juara dunia Formula 1 selepas laga GP Jepang. Copyright: © REUTERS/Kim Kyung-Hoon
Pembalap Red Bull, Max Verstappen, merayakan gelar juara dunia Formula 1 selepas laga GP Jepang.

INDOSPORT.COM - Formula 1 merupakan sebuah ajang balap mobil mesin jet dengan level tertinggi. Namun tercatat 5 pembalap termuda sepanjang masa yang berhasil juara, siapa saja?

Formula 1 atau biasa disingkat F1, akan segera memulai musim 2023 tepat pada 5 Maret mendatang dengan Grand Prix pertama di Bahrain International Circuit, Sakhir,

F1 2022 berlangsung cukup seru dengan Red Bull Racing F1 berhasil mempertahankan statusnya sebagai juara konstruktor dua tahun berturut-turut. 

RB-18, mobil andalan tim asal Austria ini memang sungguh dominan bahkan mereka berhasil juara untuk kategori pembalap dan juga konstruktor. 

Untuk pembalap, Max Verstappen sukses besar membawa Red Bull Racing F1 menjuarai dengan memuncaki klasemen akhir F1 2022.

Pembalap asal Belanda itu berhasil berada di puncak klasemen dengan 17 kali naik podium, 15 di antaranya keluar sebagai pemenang race. 

Verstappen juga merengkuh gelar juara dunia keduanya secara beruntun dengan menjuarai F1 2022. Ini merupakan kali pertama sepanjang karirnya. 

Dia menyegel gelar juara Formula 1 2022 tepatnya di GP Formula 1 Jepang 2022 dan mengakhiri musim dengan 454 poin, sebuah rekor poin terbanyak dalam satu musim.

Dua kali juara beruntun membuat Verstappen paling dinantikan penampilannya di F1 2023 mendatang. Apalagi dia masuk menjadi salah satu pembalap termuda yang menang F1.

Menarik untuk mengetahui siapa saja pembalap termuda sepanjang masa yang berhasil juara F1. Berikut INDOSPORT sudah rangkum 5 pembalap termuda yang berhasil juara dunia.