Formula 1

Wow, Ketua MPR RI Targetkan Bintan dan PIK Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula 1 2024

Senin, 20 Februari 2023 06:40 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Formula 1.com
Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI sekaligus Ketum IMI mengatakan Bintan, Kepulauan Riau dan Pantai Indah Kapuk (PIK) bisa menjadi tuan rumah Formula 1 (F1). Copyright: © Formula 1.com
Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI sekaligus Ketum IMI mengatakan Bintan, Kepulauan Riau dan Pantai Indah Kapuk (PIK) bisa menjadi tuan rumah Formula 1 (F1).

INDOSPORT.COM – Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum IMI mengatakan bahwa kawasan Bintan, Kepulauan Riau dan Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta bisa menjadi tuan rumah Formula 1 (F1) pada 2024 mendatang.

Hal ini diungkapkan langsung oleh pria yang akrab disapa Bamsoet saat malam penganugerahan IMI Awards di Jakarta, Sabtu (18/2/23).

Bamsoet mengtakan bahwa pembangunan kedua sirkuit, utamanya untuk PIK, setidaknya bisa selesai pada akhir 2024.

Target itu Hal senada dengan keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah kompetisi balap bergengsi Formula 1 di tahun yang sama.

"Kita memiliki mimpi untuk menghadirkan F1 di Indonesia,” ucap Bambang Soesatyo, dilansir dari Antara.

“Penjajakan sudah kita lakukan untuk membuat speed city circuit di PIK, dan semoga harapannya bisa dibangun dalam (rentang) waktu 8 hingga 9 bulan,” ungkapnya.

“Paling tidak di akhir atau pertengahan 2024 bisa kita wujudkan mimpi ini," tambahnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa Sirkuit Internasional Bintan atau Bintan International Green Circuit (BIC/BIGC) bisa bersanding dengan Sirkuit Internasional Mandalika sebagai sirkuit yang layak dan bertaraf internasional.

BIC sendiri memanfaatkan lahan sekitar seluas 237 hektare dan mengusung konsep olahraga, gaya hidup, dan ramah lingkungan.

Bamsoet selaku ketum IMI dan MPR RI mengatakan bahwa sirkuit baru yang ditujukan untuk menggelar ajang motorsport bergengsi seperti Formula 1 (F1) juga guna mendukung ekonomi daerah setempat.