Formula 1

5 Fakta Yuki Tsunoda, Pembalap Jepang Pertama di Formula 1 Sejak 2014

Jumat, 24 Februari 2023 00:00 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Joe Portlock - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Yuki Tsunoda, pembalap AlphaTauri. Copyright: © Joe Portlock - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Yuki Tsunoda, pembalap AlphaTauri.

INDOSPORT.COM - Di ajang bergengsi balap mobil Formula 1, Jepang terakhir kali menyumbang pembalap pada 2014 silam. Namun kini hadir sosok bernama Yuki Tsunoda. 

Yuki Tsunoda merupakan pembalap muda yang lahir di Kota Kanagawa, Jepang pada 11 Mei 2000 silam. Meski baru berusia 21 tahun, dia termasuk salah satu pembalap berpotensi besar di Formula 1. 

Hal tersebut terlihat ketika dia mampu menembus ajang Formula 1 sejak musim 2021 lalu, menggantikan Daniil Kvyat di tim Scuderia AlphaTauri Honda. 

Dia memang harus puas hanya bertengger di posisi ke-14 klasemen akhir Formula 1 2021. Pasalnya, dia tanpa kemenangan dari 22 race yang berhasil dia ikuti. 

Pada musim 2022 kemarin, dia masih membela Scuderia AlphaTauri dan masih tanpa kemenangan. Alhasil, dia berakhir di urutan ke-17 klasemen Formula 1 2022. 

Meski belum memenangkan balapan sama sekali di ajang Formula 1, nama Yuki Tsunoda di negara asalnya cukup populer. 

Terbukti pada Oktober 2022 lalu ketika dia datang pertama kali ke Jepang untuk Grand Prix setelah tiga tahun absen di sirkuit Asia Timur karena pandemi virus corona. 

Tampil di negara sendiri membuat Tsunoda sempat mengaku akan berada dalam tekanan besar untuk memberikan yang terbaik. 

Namun ketika sampai di sirkuit dan melihat tiga gambar besar wajahnya di tribun, membuat Tsunoda sadar bahwa masyarakat Jepang mendukung dirinya dengan luar biasa. 

Menarik untuk kamu ketahui sebenarnya apa saja fakta tentang diri Yuki Tsunoda, sehingga dia dipercaya oleh AlphaTauri di Formula 1 2023. Simak selengkapnya di bawah ini.