MotoGP

3 Pembalap Honda yang Paling Sering Naik Podium di era MotoGP, Bukan Marc Marquez yang Pertama

Sabtu, 25 Februari 2023 07:17 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Willy Kurniawan
Pebalap MotoGP Marc Márquez usai latihan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (/19/03/22). Foto: REUTERS/Willy Kurniawan Copyright: © REUTERS/Willy Kurniawan
Pebalap MotoGP Marc Márquez usai latihan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (/19/03/22). Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM - Honda menjadi salah satu pabrikan yang sering melahirkan pembalapnya meraih podium tapi siapa yang paling banyak?

Sekitar kurang dari satu bulan lagi kejuaraan dunia MotoGP 2023 akan kembali bergulir yakni di GP Portugal pada 26 Maret mendatang.

Selain mencetak sejarah menggelar seri balapan terbanyak, pada musim ini pun terasa spesial karena ajang kuda besi itu bakal menggunakan format baru.

Yakni format sprint race yang digelar pada Sabtu dan main race pada Minggu, mirip dengan format yang telah digunakan di ajang balap mobil Formula 1 (F1).

Nantinya, poin sprint race bakal diberikan untuk sembilan rider tercepat dengan sistem setengah poin dari main race, yang di berikan penuh untuk 15 pembalap.

Untuk contohnya ialah pembalap tercepat di spint race akan mendapatkan 12 poin, sedangkan rider terdepan akan mendapatkan 25 poin di main race.

Penggunaan format baru ini juga memberikan hal yang berbeda. Salah satunya ialah dihapusnya sesi Warm Up (WUP) yang biasanya berlangsung sebelum main race untuk kelas Moto2 dan Moto3.

Sementara itu, setelah menggelar sesi tes pramusim, para pembalap akan beraksi di MotoGP Portugal yang digelar 26 Maret mendatang.

Jelang bergulirnya MotoGP musim baru pabrikan Honda kembali difavoritkan menjadi juara, lantaran performa mereka sulit ditandingi oleh para pesaingnya di setiap musimnya.

Hal itu dibuktikan dengan seringnya pembalap Repsol Honda naik podium. Berikut daftar pembalap Honda yang paling sering naik podium.