MotoGP

5 Sirkuit MotoGP dengan Lintasan Paling Pendek di MotoGP 2023 Mendatang

Rabu, 22 Februari 2023 11:47 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Gaetano Piazzolla/Action Plus via Getty Images
Marc Marquez di Gp Jerman sirkuit Sachsenring pada tahun 2018 lalu. Gaetano Piazzolla/Action Plus via Getty Images Copyright: © Gaetano Piazzolla/Action Plus via Getty Images
Marc Marquez di Gp Jerman sirkuit Sachsenring pada tahun 2018 lalu. Gaetano Piazzolla/Action Plus via Getty Images

INDOSPORT.COM - Banyak sirkuit menantang di perhelatan MotoGP termasuk mereka yang punya lintasan paling pendek sekali pun. Pada 2023, ada 5 sirkuit yang punya lintasan terpendek, di mana saja?

Sejak pertama kali digelar pada 1949, MotoGP memang audah menjadi favorit para penggemar balap motor. Sejak itu pula, sudah banyak sirkuit yang dipakai menggelar balapan. 

Tercatat sebanyak 73 sirkuit berbeda sudah dipakai untuk menjamu balapan kuda besi hingga gelaran MotoGP 2022 kemarin. 

Sirkuit pertama tempat MotoGP atau dulu namanya kejuaraan dunia 500cc, adalah Isle of Man TT dengan panjang 60.718 km. Yang juga menjadi sirkuit dengan jadak lintasan terpanjang sejarah kejuaraan balap motor dunia.

Untuk musim 2023 yang akan digelar pertama kali pada 26 Maret mendatang juga terdapat perubahan tempat atau sirkuit untuk memulai kejuaraan. 

Jika dalam beberapa tahun terakhir MotoGP selalu dimulai di sirkuit Qatar, Lusail International Circuit, tahun ini berbeda. Race pertama untuk musim 2023 adalah Algarve International Circuit di Portugal.

Di musim yang baru ini juga terdapat dua sirkuit baru untuk menggelar balapan motor kelas premier. Yakni Sirkuit Sokol di Kazakhstan dan Sirkuit Buddh di India.

Sementara salah satu sirkuit ikonik di setiap gelaran MotoGP, yakni Sirkuit Aragon hilang alias tidak lagi dipakai di musim 2023. 

Namun kita tidak membahas sirkuit secara umum, melainkan lebih spesifik yakni sirkuit-sirkuit dengan lintasan paling pendek yang akan dipakai di MotoGP 2023. 

Kebetulan 5 sirkuit dengan lintasan paling pendek yang akan kita bahas di slide selanjutnya semua ada di Eropa. Yuk simak selengkapnya.