MotoGP

5 Sirkuit MotoGP yang Paling Banyak Malaikat Maut Merenggut Nyawa Pembalap

Senin, 20 Februari 2023 22:30 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
©
Kecelakaan tunggal Jorge Lorenzo latihan bebas 2 di Sirkuit Assen 2013 Copyright: ©
Kecelakaan tunggal Jorge Lorenzo latihan bebas 2 di Sirkuit Assen 2013

INDOSPORT.COM - Mengutamakan kecepatan tentu saja terdapat ancaman merenggut nyawa di ajang MotoGP. Berikut 5 sirkuit yang paling banyak merenggut nyawa pembalap sepanjang sejarah. 

Memang menarik dibahas sirkuit mana saja yang terdapat paling banyak malaikat maut, alias banyak nyawa terenggut setiap melintas di sana. 

Bukan tanpa alasan, sirkuit-sirkuit yang dipakai untuk kejuaraan kelas Grand Prix balap motor paling bergengsi di dunia ini memang punya tantangan masing-masing. 

Tantangan masing-masing sirkuit memang kerap menjadi ajang untuk para pembalap MotoGP unjuk gigi dan membuktikan mereka pantas balapan di kelas 1000cc ini. 

Balapan motor kelas premier memang sudah diadakan sejak 1949 silam. Namun untuk MotoGP sendiri, pertama kali digelar pada 2002 lalu. 

Sejak digelar pertama kali dengan nama turnamen MotoGP, ajang balap motor bergengsi ini sudah diselenggarakan di banyak negara. 

Di masing-masing negara para pembalap akan menguji kepiawaian mereka memacu motor di sebuah lintasan yang biasa disebut sirkuit. 

Banyak cerita yang melegenda tentang kemenangan termanis hingga kekalahan terpahit. Namun terdapat juga cerita yang membuat hati pilu, seperti nyawa rider melayang.

Sepanjang sejarah INDOSPORT melihat terdapat beberapa sirkuit MotoGP yang seperti ada malaikat maut yang menjemput nyawa seorang pembalap. 

Beberapa di antaranya bahkan masih akan tetap dipakai untuk MotoGP 2023 mendatang. Simak di bawah ini, 5 sirkuit yang paling banyak malaikat maut merenggut nyawa rider.