MotoGP

5 Pembalap MotoGP dengan Jumlah Podium Terbanyak Sepanjang Sejarah

Rabu, 15 Februari 2023 11:45 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Getty Image
Dani Pedrosa dalam sesi FP1 Argentina. Copyright: © Getty Image
Dani Pedrosa dalam sesi FP1 Argentina.

INDOSPORT.COM - Satu hal yang unik dari olahraga balap motor MotoGP adalah tidak melulu tentang memenangkan balapan. Tapi para pembalap dengan podium terbanyak juga mendapat tempat di buku sejarah MotoGP.

Memenangkan balapan demi balapan memang sering menjadi momen bahagia untuk para rider. Yang berarti mereka berhasil menjadi yang tercepat dari puluhan pembalap lainnya. 

Namun naik podium juga menjadi salah satu kebanggaan para rider, apalagi mereka yang masih rookie atau pemula di kejuaraan kelas tertinggi ini. 

Selain menjadi motivasi untuk balapan selanjutnya, para pembalap juga menjadikan kesempatan naik podium untuk bisa mengibarkan bendera negaranya. 

Sudah sejak awal dihelat, kejuaraan Grand Prix memang memperbolehkan tiga pembalap tercepat di suatu balapan mengibarkan bendera negaranya di atas podium. 

Beberapa tahun terakhir, podium di masing-masing arena balap cukup berwarna. Ada banyak nama-nama baru yang mulai mencicipi rasanya naik podium dan mengibarkan bendera negaranya.

Seperti yang kita ketahui, MotoGP 2022 kemarin juaranya adalah pembalap milik Ducati Francesco Bagnaia.

Dari 20 race yang dilangsungkan tahun lalu, Bagnaia mampu mencatat 10 kali naik podium dengan 7 di antaranya keluar sebagai juara race. 

Namun, menurut catatan sejarah, para pembalap MotoGP terbanyak podium sepanjang sejarah masih didominasi nama-nama beken. 

INDOSPORT sudah merangkum 5 pembalap dengan podium terbanyak sepanjang sejarah.