MotoGP

6 Pembalap MotoGP Terbaik asal Amerika Serikat Sepanjang Masa

Rabu, 15 Februari 2023 01:08 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Twitter
Patung mendiang pembalap MotoGP Nicky Hayden diresmikan di kampung halamannya, Owensboro. Copyright: © Twitter
Patung mendiang pembalap MotoGP Nicky Hayden diresmikan di kampung halamannya, Owensboro.

INDOSPORT.COM - Banyak yang bilang Amerika Serikat jempolan di cabang olahraga basket. Namun di MotoGP ternyata mereka pernah punya sederet pembalap jempolan. 

Meski olahraga balap motor bukanlah yang terpopuler di Negeri Paman Sam, fakta dan sejarah berkata lain. 

Para pembalap Amerika Serikat di MotoGP sudah memenangkan berbagai kelas mulai dari kelas premier, 350cc, 250cc sejak beberapa dekade terakhir. 

MotoGP memang masih kalah populer dari basket, american football, softball bahkan sepak bola di kalangan masyarakat Amerika Serikat. 

Mungkin hal tersebut menjadi salah satu alasan sahih kenapa tidak ada pembalap asal Amerika Serikat yang ikut balapan di MotoGP 2023 mendatang. 

Namun balap motor akan selalu punya komunitas penggemarnya yang setia. Begitu pula di Amerika Serikat, yang menurut sejarah, punya sederet pembalap top di MotoGP. 

Berikut INDOSPORT sudah rangkum sebanyak 6 pembalap MotoGP terbaik asal Amerika Serikat sepanjang masa. Siapa sajakah mereka?

6. Wayne Rainey

Wayne Rainey adalah pembalap top asal Amerika Serikat yang memulai debutnya pada 1984 di kelas 250cc. 

Dulu, MotoGP sering disebut dengan kelas 500cc. Dia pertama kali naik ke kelas premium ini pada 1988 dan langsung menunggangi motor Yamaha.

Dari tahun 1990 hingga 1992, Rainey mencapai puncak karirnya dengan meraih tiga mahkota juara kelas 500cc berturut-turut untuk Yamaha.