Formula 1

5 Fakta Frederic Vasseur, Pemimpin Baru Ferrari di Formula 1 2023 Pengganti Mattia Binotto

Senin, 27 Februari 2023 21:30 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Motorsport.com
Valentino Rossi saat jajal mobil balap Ferrari tahun 2006. Copyright: © Motorsport.com
Valentino Rossi saat jajal mobil balap Ferrari tahun 2006.

INDOSPORT.COM - Frederic Vasseur, pemimpin baru Ferrari yang akan gantikan Mattia Binotto di Formula 1 2023. Siapakah sosoknya? Berikut 5 fakta seputar Frederic Vasseur. 

Vasseur yang sudah berusia 54 tahun baru saja gabung dengan Ferrari. Dia meninggalkan Sauber setelah lima tahun dengan tim asal Swiss itu. 

Dia akan mengisi tempat yang ditinggalkan Binotto, yang mengundurkan diri sebagai kepala tim F1 Ferrari di akhir bulan November kemarin. 

Di awal perkenalannya, Vasseur juga mengaku terhormat dan selalu mengklaim Ferrari adalah tim besar dan puncak karir untuk seorang manajer tim. 

Ferrari memang mendatangkan Vasseur yang dinilai berpengalaman di ajang balap jet tempur darat untuk mengakhiri puasa gelar mereka. 

Terakhir kali memenangkan gelar juara dunia Formula 1 pada musim 2007 silam, ketika pembalapnya Kimi Raikkonen tampil luar biasa. 

Namun setelah itu, tim asal Italia tidak kunjung berhasil merebut gelar juara dunia sampai sekarang. Musim 2022 kemarin, sebenarnya Ferrari mulai menunjukkan tanda-tanda untuk serius bersaing dalam perburuan gelar juara.

Pembalap utama mereka Charles Leclerc mengakhiri musim 2022 dengan berada di urutan ke-2 klasemen akhir di bawah Max Verstappen. 

Sementara itu rekan setimnya yang juga pembalap tim Scuderia Ferrari, Carlos Sainz Jr, berhasil finish di posisi kelima musim lalu. 

Dengan kedatangan Vasseur, Ferrari tentu punya target kembali menjuarai dunia. Lantas, siapakah sosok pemimpin baru tim kuda Jingkrak ini? Berikut kami ulas secara lengkap.