MotoGP

Wow! Cetak Rekor, Sandiaga Uno Klaim WSBK Mandalika 2023 Lampaui Target Jumlah Penonton

Senin, 6 Maret 2023 19:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© PB Esports Indonesia
Sandiaga Uno selaku Menparekraf mengklaim bahwa ajang WSBK Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika telah melampaui jumlah target penonton. Copyright: © PB Esports Indonesia
Sandiaga Uno selaku Menparekraf mengklaim bahwa ajang WSBK Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika telah melampaui jumlah target penonton.

INDOSPORT.COM Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengklaim bahwa ajang WSBK Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika telah melampaui jumlah target penonton.

Sebagaimana diketahui, Indonesia baru saja sukses menjadi tuan rumah untuk ajang World Superbike atau WSBK seri kedua yang berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 3-5 Maret 2023 akhir pekan lalu.

Sandiaga Uno selaku Menparekraf memang sebelumnya gencar mempromosukan WSBK Mandalika 2023 masyarakat memberikan kabar baik.

Yakni mengatakan gelaran kejuaraan balap motor internasional tersebut berhasil melewati jumlah penonton tahun lalu, bahkan mencapai rekor tertinggi.

"Selama tiga hari event (3-5 Maret 2023), WSBK 2023 dipadati 59.251 penonton,” kata Sandiaga Uno, dilansir dari Antara.

“Jumlah ini meningkat 14,76 persen dibanding penyelenggaraan WSBK Mandalika 2022 sebanyak 51.693 penonton dari target pemerintah 45.000 penonton,”

“Di mana jumlah tersebut merupakan rekor tinggi jumlah penonton dibanding penyelenggaraan WSBK sebelum-sebelumnya," jelasnya.

Menparekraf juga menyatakan harapannya bahwa capaian ini akan selaras dengan dampak langsung maupun tidak langsung terhadap kebangkitan ekonomi masyarakat.

Serta menjadi terbukanya lapangan kerja, khususnya bagi pelaku UMKM yang ditargetkan tercipta 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024.

Selanjutnya pihak Sandiaga Uno atau Kemenparekraf akan melakukan kajian lebih jauh tentang dampak dari penyelenggaraan WSBK 2023 untuk mendapatkan data yang lebih kuat, terhadap masyarakat serta dapat menjadi modal bagi Indonesia saat MXGP dan MotoGP.