Formula 1

Italia Banjir Bandang, F1 GP Emilia Romagna Batal Digelar

Kamis, 18 Mei 2023 10:14 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Jennifer Lorenzini
Banjir bandang dan cuaca ekstrem yang melanda Italia membuat pihak Formula 1 (F1) memilih membatalkan balapan di Sirkuit Imola akhir pekan ini, Minggu (21/05/23). Copyright: © REUTERS/Jennifer Lorenzini
Banjir bandang dan cuaca ekstrem yang melanda Italia membuat pihak Formula 1 (F1) memilih membatalkan balapan di Sirkuit Imola akhir pekan ini, Minggu (21/05/23).

INDOSPORT.COM – Banjir bandang dan cuaca ekstrem yang melanda Italia membuat pihak Formula 1 (F1) memilih membatalkan balapan di Sirkuit Imola akhir pekan ini, Minggu (21/05/23).

Dilansir dari laman resmi F1, Kamis (18/05/23), pihak penyelenggara mengabarkan pembatalan ini, yang didahului dengan ucapan belasungkawa atas korban dalam cuaca ekstrem tersebut.

Sebagai informasi, saat ini di Italia Utara sedang dilanda cuaca buruk sepanjang Mei ini. Hujan deras terus menyelimuti kawasan tersebut dan menyebabkan meluapnya sungai.

Akibatnya, banjir bandang pun tercipta, sehingga beberapa orang dikabarkan meninggal dunia, dan ribuan orang harus dievakuasi.

Hingga saat ini, peringatan banjir dan longsor masih berlaku, yang berimbas pada pembatalan F1 GP Emilia Romagna di akhir pekan ini.

“Menyusul diskusi antara Formula 1, Presiden FIA, otoritas yang kompeten termasuk Menteri terkait, Presiden Klub Otomotif Italia, Presiden Wilayah Emilia-Romagna, Walikota Kota dan promotor, keputusan telah diambil untuk tidak melanjutkan GP Imola,” bunyi pernyataan Formula 1.

Dilaporkan oleh The Guardian, Paddock F1 di Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari telah dievakuasi sebagai pencegahan terjadinya risiko banjir dari sungai terdekat, yani Sungai Santino.

Atas bencana yang terjadi ini, Presiden dan CEO F1, Stefano Domenicali, menyatakan dirinya turut bersedih atas kejadian yang menimpa kota di mana ia dibesarkan tersebut.

“Ini sebuah hal tragis melihat apa yang terjadi pada Imola dan Emilia-Romagna, kota dan tempat saya dibesarkan, pikiran dan doa saya bersama para korban banjir dan masyarakat yang terkena dampaknya,” ucap Stefano Domenicali.

Simpati juga datang dari Presiden FIA atas kejadian yang melanda kawasan Emila-Romagna tersebut, dan menyebut bahwa keselamatan masyrakat menjadi prioritas saat ini.