Formula 1

Detik detik Kecelakaan yang Tewaskan Pembalap Muda Formula Dilano Van’t Hoff

Minggu, 2 Juli 2023 09:51 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Instagram@dilano_vant_hoff
Dilano Van't Hoff ya, pembalap Formula 4 yang meninggal di Spa Francochamps, Sabtu (01/07/23). (Foto: Instagram@dilano_vant_hoff) Copyright: © Instagram@dilano_vant_hoff
Dilano Van't Hoff ya, pembalap Formula 4 yang meninggal di Spa Francochamps, Sabtu (01/07/23). (Foto: Instagram@dilano_vant_hoff)

INDOSPORT.COM - Duka menyelimuti dunia balap Formula. Driver muda Dilano Van’t Hoff tewas karena kecelakaan tragis di ajang Formula Regional European Championship (FRECA) by Alpine di Spa Francochamps, Sabtu (01/07/23).

Akibat kecelakaan tersebut, Dilano Van’t Hoff yang dianggap bintang MP Motorsport Starlet meregang nyawa dan membuat balapan seri kedelapan dari musim 2023 tersebut dihentikan pada lap terakhir.

Kabar kematian Dilano Van’t Hoff diumumkan oleh FRECA 2,5 jam setelah race kedua dalam putaran Spa 24 Hours jadi rangkaian Formula 1 GP Beldia dan diikuti legenda MotoGP, Valentino Rossi.

Dilaporkan, Dilano Van’t Hoff yang mengemudi mobil sport Orange MPS tergelindir di trek yang basak setelah ditabrak pembalap lain dari sisi samping.

Momen detik-detik kecelakaan tragis yang dialami Dilano tersebut diunggah salah satu selebtwit penggemar balapan mobil, Andrei K (@karp_andrei).

Dalam video itu diperlihatkan para pembalap Formula 4 dibiarkan memacu kendaraannya saat cuaca buruk dan hujan deras melanda Spa Francochamps.

Kecelakaan berawal dari Tim Tramnitz, yang berada di urutan kedua, kehilangan kendai atas mobil Tatuus-Renault FR-19 di puncak Raidillon setelah safety car dipanggil jelang lap terakhir.

Kontak pun terjadi di antara beberapa mobil di belakang Tramnitz yang melibatkan Van’t Hoff. Pembalap 18 tahun itu kehilangan kendali karena penglihatannya terkena semprotan air dari mobil lain.

Kemudian dia ditabrak dengan kecepatan tinggi oleh mobil lawan saat berhenti di tengah lintasan lurus sehingga membuat mobilnya hancur berkeping-keping.

Sementara Dilano meninggal dunia, Adam Fitzgerald, yang juga terlibat dalam insiden tersebut, dalam kondisi stabil di rumah sakit menurut timnya Race Performance Motorsport.