MotoGP

Aksi Tak Terpuji Aleix Espargaro di MotoGP India, Ngamuk dan Teriaki Staf Paddock Aprilia

Sabtu, 23 September 2023 18:06 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Nacho Doce
Selebrasi Aleix Espargaro dari Aprilia Racing merayakan di podium usai memenangkan balapan di Circuit de Barcelona-Catalunya. (Foto: REUTERS/Nacho Doce) Copyright: © REUTERS/Nacho Doce
Selebrasi Aleix Espargaro dari Aprilia Racing merayakan di podium usai memenangkan balapan di Circuit de Barcelona-Catalunya. (Foto: REUTERS/Nacho Doce)

INDOSPORT.COM - Aksi Aleix Espargaro di rangkaian MotoGP India 2023 menjadi sorotan usai mengamuk di paddock Aprilia.

Rangkaian MotoGP India 2023 memasuki hari kedua pada Sabtu (23/09/23) hari ini. Para pembalap MotoGP akan kembali beraksi untuk melakoni sesi FP2, kualifikasi, serta sprint race.

Kejadian menarik terjadi pada sesi kualifikasi. Sesi yang dijadwalkan bergulir mulai pukul 12.50 WIB tersebut harus diundur beberapa menit lebih lambat dari jadwal.

Hal ini dikarenakan kondisi di lintasan yang panas dan lembap. Panitia balapan pun telah menyesuaikan jumlah lap, yakni 11 lap untuk sprint race dan 21 lap untuk balapan utama.

Seperti biasa, para rider yang gagal masuk 10 besar dalam waktu lap kombinasi saat latihan, mesti melakoni Q1 terslebih dahulu. Akhirnya, Raul Fernandes dan Alex Marquez berhasil mencatat waktu terbaik dan lolos ke Q2.

Di sesi Q2 inilah terjadi aksi tak terpuji dari pembalap Aprilia, Aleix Espargaro. Sang pembalap, yang tak mengetahui jika sesi Q2 ditunda, sudah terlebih dahulu mengaspal.

Aleix Espargaro, yang tertahan di ujung pit lane, akhirnya dipaksa kembali ke paddock oleh mekanik Moto3. Kakak dari Pol Espargaro tersebut pun meluapkan kekesalannya dengan meneriaki kru yang memenuhi paddock.

Insiden ini agaknya cukup memengaruhi performa Aleix Espargaro saat Q2. Terbukti, ia hanya mampu mencatat waktu terbaik ke-10, terpaut 0,803 detik dari Marco Bezzecchi yang meraih pole position.

Aleix Espargaro berada tepat di bawah rekan setimnya, Maverick Vinales, yang meraih posisi start ke-9.

Adapun hasil lengkap kualifikasi MotoGP India 2023 dapat disaksikan di halaman selanjutnya artikel ini.