x

Ketika Moto3 GP Le Mans Buat Heboh dengan Rentetan Kecelakaan

Minggu, 20 Mei 2018 14:42 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Balapan Moto3 di Sirkuit Le Mans.

Ajang tertinggi dunia balap motor, MotoGP 2018, akan memasuki seri kelimanya di tahun ini. Nantinya, Valentino Rossi dkk akan saling mengadu kecepatan di Sirkuit Le Mans, Prancis.

Sesi balapan sendiri akan dimulai pada pukul 19.00 WIB nanti, yang mana akan dilakukan sesi pemanasan terlebih dahulu pada pukul 14.40 WIB hingga 15.00 WIB.

Pada balapan kali ini, Johann Zarco selaku pembalap dari tim satelit Yamaha akan memulai balapan dari posisi terdepan. Diikuti oleh Marc Marquez yang berada di posisi kedua, dan Danilo Petrucci yang berada di tempat ketiga.

Pembalap kawakan Yamaha Movistar, Valentino Rossi, harus memulai balapan pada posisi kesembilan. Rekan setimnya, Maverick Vinales, berada satu tingkat lebih baik dengan berada di posisi kedelapan. Jorge Lorenzo? Berada di posisi keenam.

Baca Juga

1. Kilas Balik Rentetan Kecelakaan di Moto3

Moto3 Le Mans.

GP Prancis memang selalu ditunggu-tunggu oleh para penikmat dunia balap. Itu tak lepas dari treknya yang mencekam dan dapat menimbulkan banyak kecelakaan di dalamnya.

Seperti pada tahun 2017 lalu. Bukan di ajang MotoGP, melainkan di ajang Moto3 yang mana membuat heboh para pencinta dunia balapan karena terjadi rentetan kecelakaan di GP Le Mans.

Tepat pada bulan yang sama di tahun lalu, ajang balap Moto3 banyak menimbulkan kecelakaan ketika balapan di GP Le Mans. Bahkan, kecelakaan sendiri sudah terjadi saat masih di lap pertama tikungan keempat.


2. 24 Pembalap Berjatuhan

Moto3 Le Mans.

Tidak hanya itu, saat laga masih menyisakan 23 putaran lagi, sedikitnya 24 pembalap nampak berjatuhan bersama-sama. Salah satu pembalap bahkan ada yang mengalami nasib malang karena sempat tersenggol oleh motor pembalap lainnya saat dirinya terjatuh.

Melihat kejadian yang cukup parah seperti itu, pihak penyelenggara pun mengibarkan bendera merah yang menandakan balapan dihentikan untuk sementara.


3. Penyebab Kecelakaan

Joan Mir (tengah), menjuarai Moto3 GP Le Mans 2017.

Setelah diselidiki, ternyata penyebab kecelakaan beruntun yang menimpa para pembalap tersebut adalah adanya cairan yang berada di atas lintasan dekat tikungan. Pihak panitia pun dengan sigap melakukan pembersihan.

Setelah lintasan dinilai layak untuk digunakan kembali, para pembalap pun langsung melanjutkan balapan. Pembalap asal Spanyol yang memperkuat tim Leopard Racing, Joan Mir akhirnya mampu keluar sebagai pemenang balapan.

MotoGPMoto3Le MansMotoGP 2018

Berita Terkini