x

Start Dari Posisi Depan di MotoGP Mandalika, Fabio Quartararo Sesumbar Siap Menang

Minggu, 20 Maret 2022 11:45 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
Fabio Quartararo pembalap Monster Energy Yamaha.

INDOSPORT.COM - Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo mengklaim siap untuk memenangi MotoGP Mandalika 2022 usai mengunci posisi pertama start pada Minggu (20/3/22).

Indonesia akan menggelar seri kedua MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu (20/3/22).

Baca Juga

Dalam balapan nanti, pembalap Yamaha, Fabio Quartararo akan memimpin balapan kelas MotoGP dengan memulai balapan di posisi pertama.

Hal ini terjadi usai Quartararo mampu tampil cepat dan mencetak waktu terbaik dalam sesi kualifikasi MotoGP Mandalika yang digelar pada Sabtu (19/3/22).

Performa juara dunia MotoGP 2021 ini meningkat pesat usai kesulitan saat tampil pada seri pertama MotoGP 2022 di Sirkuit Losail pada Minggu (6/3/22).

Baca Juga

Sebelumnya, Quartararo mampu tampil menawan pada sesi latihan bebas kedua dengan mencetak rekor waktu satu putaran baru.

Sebagai catatan, posisi start pertama di MotoGP Mandalika adalah yang ke-16 untuk pembalap Prancis ini sejak turun di kelas MotoGP pada 2019.

“Akhirnya, dalam satu putaran saya merasa senang, ini waktu yang sangat panjang hingga saya merasa sangat nyaman dalam satu putaran,” ujar Fabio Quartararo seperti dilansir Crash.

Baca Juga

“Saya mulai merasa cukup menyenangkan di latihan kedua dan kemudian menggunakan ban yang lebih lunak, sehingga mampu melahap 14 atau 15 putaran dalam sesi keempat,” cetusnya.

“Kecepatannya sungguh bagus dan sangat penting untuk mendapatkan banyak putaran dalam sekali latihan untuk melihat konsistensi ban,” ujar Quartararo.


1. Keluhkan Sirkuit Mandalika

Pembalap asal Spanyol, Maverick Vinales dan pembalap asal Prancis, Fabio Quartararo saat rayakan di atas podium.

Meskipun senang dengan performanya saat berlatih jelang MotoGP Mandalika, Quartararo mengeluhkan sulitnya mengenal sirkuit baru.

Pasalnya, Sirkuit Mandalika merupakan salah satu trek baru yang akan dilalui pembalap MotoGP pada musim 2022.

Baca Juga

Selain Mandalika, ada Sirkuit KymiRing yang terletak di Finlandia. Sirkuit baru ini akan jadi tantangan para pembalap pada musim ini.

Namun demikian, kemampuan Quartararo untuk berada di posisi terdepan sangat vital untuk Yamaha, yang dikenal memiliki kesulitan untuk mendahului lawan.

Salah satunya adalah kurangnya kekuatan motor jika dibandingkan dengan lawan. Tetapi, Sirkuit Mandalika menjanjikan tantangan bagi para pembalap, karena cukup kotor dan licin.

Baca Juga

“Sangat sulit untuk diketahui karena ini adalah trek baru dan kami semua tak tahu apa yang dibayangkan, tetapi saya merasa jauh lebih baik daripada di Qatar dan potensi saya bisa untuk bertarung demi podium dan kemenangan,” ujar Quartararo.

“Dengan motor yang sulit untuk mendahului lawan, Anda harus bermain dengan sedikit tekanan. Trek Sirkuit Mandalika cukup panas dan lebih baik start di posisi terdepan daripada saya berada di belakang,” tandasnya.


2. Quartararo Diancam Jorge Martin

Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin.

Pesaing Quartararo pada seri ini adalah pembalap Spanyol, Jorge Martin yang akan kembali memulai balapan dari garis depan usai pada MotoGP Qatar meraih posisi nomor satu.

Performa Jorge Martin diharapkan bisa kembali muncul di MotoGP Mandalika, sehingga ada banyak kandidat juara dunia musim 2022.

Baca Selengkapnya: Jadwal MotoGP Indonesia Hari Ini: Quartararo Diancam Duo Ducati, Tugas Berat Honda

MotoGPFabio QuartararoSirkuit MandalikaMotoGP 2022

Berita Terkini