x

Dukung MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika, Dorna Sarankan Hal Penting Ini untuk Pemerintah Indonesia

Jumat, 21 Oktober 2022 19:51 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Pemerintah Indonesia mendapatkan saran penting dari Dorna Sports untuk mendukung ajang MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika, NTB. (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

INDOSPORT.COM – Pemerintah Indonesia mendapatkan saran penting dari Dorna Sports untuk mendukung ajang MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika, NTB.

Indonesia kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap motor MotoGP 2023 pada akhir tahun depan yang digelar di Sirkuit Mandalika.

Baca Juga

Sebelum dimulainya ajang MotoGP Mandalika 2023, Sirkuit kebanggaan warga Indonesia itu bakal lebih dulu menggelar World Superbike (WSBK) 2022 pada November nanti.

Meski masih digelar tahun depan, namun Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP memberikan masukan agar penyelenggaraan kelas premier 2023 di Sirkuit Mandalika makin sempurna.

Yakni salah satunya ialah Dorna Sports menyarankan untuk memperbanyak penginapan di ajang balap kelas dunia tersebut.

Baca Juga

Hal ini sempat diungkapkan oleh Priandhi Satria selaku Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Priandhi menyatakan bahwa pihak Dorna Sports memberikan respons positif soal perkembangan Sirkuit Mandalika dan menyarankan untuk menambah kuota penginapan di Kawasan sekitar.

"Dorna senang dengan perkembangan di Sirkuit Mandalika. Namun agar benar-benar perfek, Dorna menyarankan adanya penginapan-penginapan yang jauh lebih banyak," kata Priandhi Satria, dilansir dari Antara.

Baca Juga

Hal ini disarankan tak lepas dari berkaca dari edisi pertama MotoGP di Sirkuit Mandalika, Priandhi mengungkapkan jumlah penginapan masih jauh dari kata cukup.

Sebab, kuota atau ketersediaan hotel di sekitar Sirkuit Mandalika tak sebanding dengan visa yang masuk jelang MotoGP 2023 mendatang.


1. Jumlah Penginapan Masih Jauh dari Kata Cukup

Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah MotoGP 2023 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

"Tahun ini, visa yang masuk hampir 7.500. Ketersediaan hotel bintang lima belum sampai ribuan. Untuk keperluan Dorna saja sudah habis," kata Priandhi,

Maka tak heran jika Dorna Sports menyarankan pemerintah Indonesia maupun otoritas setempat menambah kuota penginapan jelang MotoGP Mandalika 2023.

Baca Juga

"Pada 2023, Dorna menyarankan adanya penambahan jumlah untuk hotel, penginapan, dan vila," tambahnya.

Terkait jumlah ideal, kata Priandhi, tergantung kepada pasar, serta kebutuhannya masih jauh dari kata cukup.

 "Misalkan VVIP hampir 5 ribu tempat duduk, kalau yang datang itu adalah pasangan, artinya butuh hampir sekitar 2.500 kamar. Itu hanya untuk penonton royal dan deluxe," ucap Priandhi.

Baca Juga

"Jumlah yang tersedia di daerah Mandalika baru ratusan dan mungkin sampai ribuan hingga Mataram. Kebutuhannya masih jauh," tukasnya lagi.

Pada Rabu (19/10), CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta dan Chief Sporting Director Dorna Sports Carlos Ezpeleta berada di Jakarta untuk bertemu dengan para pemangku kepentingan, termasuk Menteri BUMN Erick Thohir.

Erick Thohir sendiri sempat memastikan MotoGP di Sirkuit Mandalika tahun depan akan jauh lebih siap.

Baca Juga

"Sudah tentu kita akan menyiapkan yang terbaik, mulai dari aspal, lokasi parkir, dan perbesar tribun penonton agar jauh lebih memuaskan pebalap, sponsor, dan penonton," ujar Erick Thohir,

Sekadar informasi, MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika dijadwalkan akan digelar pada 15 Oktober tahun depan pada kalender sementara kelas premier tersebut.

Sumber: Antara

MotoGPDorna SportsSirkuit MandalikaBerita MotoGPMotoGP MandalikaMotoGP 2023

Berita Terkini